[Cek Fakta] Video Minyak Goreng Dibuang ke Laut

Informasi hoaks soal minyak goreng dibuang ke laut viral di media sosial (Foto: Turnbackhoax)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah Akun Facebook mengunggah sebuah video yang menunjukkan beberapa kemasan minyak goreng mengapung di laut. Video tersebut juga disertai narasi yang menyatakan "minyak goreng yang dibuang ke laut".

Berikut narasi detailnya: “Kemarin beras bansos dkubur, eh sekarang minyak goreng dibuang, INGATANKU MASIH SEGAR SEWAKTU PERISTIWA SABOTASE PKI TAHUN 1965, BERAS DLL DI BUANG KE LAUT , RAKYAT MAKAN BULGUR (MAKANAN KUDA) MASAKNYA PAKAI GULA JAWA, WASPADALAH !!!”

Dilansir Turnbackhoax, Rabu (10/8/2022), kemasan minyak goreng dalam video tersebut tidak dibuang ke laut. Faktanya, video tersebut merupakan evakuasi kemasan minyak goreng yang mengapung di laut oleh beberapa awak kapal.

Lebih lanjut, dalam video tersebut, pihak yang merekam menyatakan krunya tengah melakukan evakuasi kemasan minyak goreng dari tengah laut. Dengan demikian, narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Zhee Bee” adalah hoaks.

Ditelusuri RRI, video tersebut sudah tersebar di berbagai lini media sosial. Pada platform YouTube, video hoaks tersebut sudah ditonton oleh ratusan ribu warganet.

Warganet pun banyak memberikan komentar kontra/negatif terhadap video hoaks tersebut. Dampak negatif dari video hoaks itu adalah warganet  merasa marah dan percaya minyak goreng sengaja dibuang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar