Tiga Misi BMKG dalam Rakornas 2022

Rakornas BMKG pada tahun ini diselenggarakan dengan tiga tujuan. Puncaknya adalah lahirnya buku putih dalam mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan. (Foto: Tangkapan Layar YouTube BMKG)

KBRN, Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menggelar rakornas secara daring, Senin (8/8/2022). Dalam rakornas tersebut berlangsung pembahasan mengenai kebijakan nasional.

Dalam sambutannya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, mengungkapkan tiga misi dalam pelaksanaan rakornas. 

"Pertama, membahas kebijakan serta sistem yang teruji dan tangguh. Hal ini guna menjamin ketahanan dan kedaulatan pangan secara merata dan berkesinambungan," kata Dwikorita.

Kemudian yang kedua, ujar Dwikorita, adalah menguatakan peran strategis sistem informasi BMKG. Ini untuk mendukung ketahanan dan kedaulatan pangan.

Ketiga, adalah memperluas cakupan forum Sekolah Lapang Iklim atau SLI dan Sekolah Lapang Cuaca Nelayan (SLCN). Hal ini bermanfaat untuk mengakselerasi terwujudnya ketahanan dan kedaulatan pangan.

"Dengan rakornas ini diharapkan tersusun matriks rencana tindak lanjut secara tepat, komprehensif, dan sinergis. Dari rakornas ini juga akan dihasilkan buku putih yang dapat dijadikan acuan kebijakan kementerian/lembaga," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar