Sukses ASEAN Paragames, Indonesia Jadi Contoh Negara Lain

Penyelenggaraan ASEAN Paragames 2022. (Foto: ist)

KBRN, Solo: Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Comittee (NPC) Indonesia Rima Ferdianto mengatakan, kesuskesan ASEAN Paragames 2022 akan dijadikan contoh negara lain.

Menurutnya, apresiasi dari 11 negara peserta, serta para peserta yang mengikuti event olahraga penyandang disabilitas dua tahunan ini merasa puas terhadap penyelanggaraan ASEAN Paragames.

"Kita akan menuntaskan event ini. Kita memberikan kepuasan luar biasa kepada negara peserta," ujar Rima dalam konferensi pers di Media Center ASEAN Paragames Solo 2022, di Hotel Swissbelinn, Saripetojo, Surakarta, Jumat malam (5/8/2022).

Konferensi pers tersebut menghadirkan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, dan Ketua Bidang Litbang National Paralympic Commmitee (NPC) Indonesia Sapta Kunta Purnama, Kementerian Pemuda dan Olahraga Chandra Bhakti, dan Ketua Umum National Paralympic Committee (NPC) Andi Herman.

Menurut Rima, pihak Indonesia ASEAN Paragames Organizing Committee (INASPOC) telah berkeliling untuk mengetahui pandangan para atlet, ofisial negara-negara peserta juga APSF (ASEAN Parasports Federation) tetang ASEAN Paragames Solo 2022 dan umumnya memberikan apresiasi. 

Rima bercerita bahwa salah satu atlet senior dari Filipina yang pernah menjadi bagian di ASEAN Paragames 2011 lalu, membagi pengalamannya. Dia takjub dengan perubahan signifikan fasilitas yang diberikan kepada atlet.

Ketika penyelenggaraan 2011, akomodasi yang diberikan adalah kampung atlet di Donohudan dan fasilitas yang seadanya. 

Namun, untuk penyelenggaraan kali ini, panitia menyediakan hotel sehingga para atlet merasakan kenyamanan mengikuti event.

"Mereka takjub melihat perkembangan di Kota Solo ini. Dulu di ASEAN Paragames ke-6 pada 2011 seperti apa, kemudian di 2022 seperti apa. Perubahannya signifikan. Mereka bilang luar biasa. Mereka tidak percaya bahwa persiapan kita empat bulan," ujar Rima.

Pernyataan Rima selaras dengan cerita salah satu andalan Vietnam di cabang olahraga para-atetik Vuong Chau.

Ia menyatakan pernah menjadi bagian kontingen Vietnam di ASEAN Paragames Solo 2011 lalu, dan membandingkan dengan fasilitas yang ia terima sekarang. 

"Saya sangat senang. Terima kasih Indonesia," ujarnya.

Ia senang di event kali ini mendapat fasilitas hotel yang nyaman.

Dari sisi broadcast, ASEAN Paragames Solo 2022 mencatatkan sejarah baru. Untuk pertama kali event ASEAN Paragames ini menyiarkan siaran langsung dari 14 cabang olahraga.

"Kita berharap ajang ASEAN Paragames 2022 benar-bener memberikan warisan kepada Kota Solo sehingga dikenal sebagai kota yang ramah disabilitas dan menjadi pusat pembinaan atlet disabilitas yang berprestasi di Indonesia," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar