[Cek Fakta] Banyak Domba Mati di Idaho Amerika

Tangkapan layar informasi hoaks soal banyak domba mati di Idaho (Foto: Website Turnbackhoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang didalamnya memperlihatkan jika banyak domba yang mati di Idaho, Amerika Serikat. 

Namun setelah dilakukan penelusuran melalui Turnbackhoaks, video cuitan itu bukanlah peristiwa yang terjadi di Amerika Serikat bulan Juni 2022. 

Video yang sama pernah diunggah oleh media asal Georgia, JNews.ge, melalui laman Facebook resminya pada 10 Agustus 2021 dengan narasi “530” yang artinya “Karena badai petir di Gunung Abul, 530 domba jatuh”.

Lebih lanjut, mengutip dari Agenda.ge, sekitar 550 domba mati saat badai petir terjadi pada 9 Agustus 2021 di Mount Abul, Ninotsminda, Georgia. 

Penggembala mengatakan bahwa petir telah menyambar dua kali sehingga domba-domba itu jatuh dan meminta bantuan dari Balai Kota Ninotsminda. Namun, Wakil Walikota Ninotsminda Artavaz Tonoiani mengatakan bahwa pihaknya tidak memiliki konfirmasi resmi bahwa cuaca benar-benar menjadi penyebabnya.

“Penyebab akan ditentukan oleh dokter hewan. Satu-satunya yang bisa kita lakukan sekarang adalah mengalokasikan tempat dimana domba-domba yang mati akan dikuburkan,” jelasnya.

Maka dapat disimpulkan jika video yang beredar mengenai domba mati tersebut dikategorikan sebagai Konteks yang Salah. Faktanya, ratusan domba yang mati karena badai petir di Georgia pada 9 Agustus 2021.

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2022/06/29/salah-video-banyak-domba-mati-di-idaho-amerika-serikat/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar