PMI Sediakan Layanan Penyemprotan Disinfektan Hewan Ternak

Salah satu tempat penampungan hewan kurban di kawasan Jakarta Barat, Jumat (1/7/2022) (ANTARA / Walda).

KBRN, Jakarta: Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta menyediakan layanan penyemprotan disinfektan kepada hewan ternak untuk mencegah penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) menjelang Hari Raya Kurban.

"Sejak program ini diluncurkan, semua PMI yang ada di 34 provinsi bergerak secara menyeluruh sesuai dengan kapasitas dan kapabilitas di daerah-daerah dan kita di wilayah Jakarta sudah bergerak di 5 wilayah kota administrasi di Jakarta dan ke Bogor di tempat pemotongan hewan,"  Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan dan Sosial PMI DKI Jakarta, Sibroh Malisi dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Selasa (5/7/2022).

Untuk layanan disinfektan ini, lanjutnya, PMI bekerja sama dengan sejumlah pemangku kepentingan 

"Alhamdulillah bahwa memang PMI bekerja sama dengan seluruh stakeholder yang kita anggap mau dan mampu karena PMI punya pengalaman di Covid-19 dan PMI mempunyai SDM yang handal tangguh dan punya relawan-relawan tersebar di 5 wilayah kota serta mempunyai alat yang cukup," ungkapnya.

Sibroh menjelaskan konsentrasi layanan disinfektan ini dilakukan pada masyarakat yang memiliki hewan ternak seperti kambing dan sapi. 

"Konsentrasi kita memang di tempat-tempat umum misalnya di kandang-kandang kecil, sedang dan besar bahkan di rumah pemotongan tapi bagi masyarakat yang membutuhkan layanan disinfektan ini tinggal telepon, insya Allah kita akan datang dan ini tanpa biaya atau gratis," tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar