Salon Hewan Kurban, Solusi Pembeli Tidak Takut PMK

Lapak hewan kurban milik Kastono yang menyediakan salon sapi untuk pembeli agar tidak takut PMK. (Foto: Ryan Suryadi/RRI)

KBRN, Jakarta: Untuk menarik pembeli hewan kurban di tengah maraknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK), salah satu lapak penjualan hewan kurban membuat terobosan unik. 

Lapak penjualan hewan kurban milik Kastono yang berada di kawasan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara, menyediakan jasa salon hewan kurban sebelum diserahkan kepada pembeli. 

Sebelum dijual, sapi di lapak milik Kastono dirias sedemikian rupa agar pembeli merasa puas, dan tidak takut akan wabah PMK menjelang hari raya Iduladha. 

Kastono mengaku, dirinya menjaga hewan ternak yang disiapkan di lapak penjualannya betul-betul sehat demi menjaga kepercayaan dari pembeli.

"Jadi sebelum diambil pembeli, kami salon dulu supaya cerah. Terus disikat-sikat punggungnya," kata Kastono, saat ditemui, Selasa (5/7/2022).  

Tak hanya sampai di situ, sapi yang sudah dibersihkan kemudian diberi pita supaya terlihat cantik dan bersih. Sehingga setelah terjadi kesepakatan jual beli dengan pembeli, hewan ternak langsung dibersihkan dan dimandikan oleh Kastono.

Kastono mengungkapkan, jasa mencuci hewan ternak itu diberikan secara gratis sebagai bentuk layanan khusus untuk meyakinkan pembeli saja.

"Harga sapi yang dijual dengan kisaran antara Rp20 juta sampai Rp35 juta, berasal dari Jawa Tengah," ujarrnya.

Salah satu pembeli hewan kurban di tempat Kastono, Herman menyebut, dengan adanya salon hewan kurban dirinya merasa puas dan meyakini sapi yang dpipilihnya sehat karena sudah melalui proses seleksi.

"Saya membeli di sini sudah ada sertifikat semua, sehat semua. Jadi, tinggal memilih mana yang suka dan cocok, ambil deh," ucap Herman. 

Herman menilai, upaya yang dilakukan Kastono menjawab kekhawatiran terhadap PMK tahun ini yang betul-betul memuncak. Padahal, menurutnya, tidak semua hewan kurban yang dijual di Indonesia, khususnya Jakarta, terpapar PMK.

"Di sini punya inovasi guna meyakinkan kaum Muslimin yang akan berkurban, jadi jangan khawatir. Karena PMK pasti ada, tapi pedagang yang menyiapkan hewan kurban betul-betul sehat," ungkapnya Herman.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar