[Cek Fakta] Penyebab Kuota Haji Tidak Diambil

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Tambahan 10 Ribu Kuota Haji 2022 Indonesia Tidak Diambil karena Negara Bangkrut dan Tidak Bisa Kembalikan Dana yang Diselewengkan (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah unggahan tangkapan layar gambar berisikan narasi yang menyebut bahwa tambahan 10 ribu kuota haji tahun 2022 Indonesia tidak diambil.

Bahkan narasi tersebut juga menyebutkan, kouta tidak diambil karena negara bangkrut dan tidak dapat mengembalikan dana haji yang diselewengkan.

Namun, saat ditelusuri melalui situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), klaim tersebut jelas-jelas keliru. 

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto mengatakan, penambahan kuota haji sebanyak 10 ribu jemaah yang diberikan pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia tidak jadi diambil karena kuota tersebut berisiko mengganggu persiapan jemaah haji reguler yang sudah dalam proses pemberangkatan. 

Selain itu, dibutuhkan pembahasan lebih detail terkait payung hukum pemberangkatan kuota tambahan. Karenanya, DPR dan Kementerian Agama sepakat tidak mengambil kuota tambahan tersebut.

Maka, dapat disimpulkan jika informasi mengenai kouta haji diatas adalah hoaks. 

Referensi: Kominfo

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar