[Cek Fakta] WhatsApp Donasi Masjid Sahrul Gunawan

Sebuah gambar tangkapan layar pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. Foto: Kominfohoaks.

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah tangkapan layar aplikasi bertukar pesan WhatsApp yang mengatasnamakan Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan. 

Pesan tersebut berisi informasi terkait pemberian donasi senilai Rp16 juta untuk kebutuhan masjid, musala, dan pondok pesantren dalam rangka program 5 tahunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung.

Namun demikian, untuk mendapatkan donasi tersebut via transfer, masyarakat diminta mengirimkan data pribadi, salah satunya nomor rekening. 

Saat ditelusuri Kominfohoaks, Sahrul melalui akun Instagram resminya @sahrulgunawanofficial, mengklarifikasi bahwa pesan WhatsApp yang beredar tersebut adalah palsu dan merupakan modus penipuan yang mengatasnamakan dirinya. Terutama saat menerima pesan dari nomor 0818-3833-4632-06.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati terhadap upaya penipuan berkedok penyaluran donasi, karena sudah banyak warga yang menjadi korban dari modus penipuan tersebut.

Maka dapat disimpulkan jika informasi pesan yang beredar adalah hoaks atau salah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar