[Cek Fakta] Pencairan Bansos dari Bank DKI

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Pencairan Bantuan Sosial Mengatasnamakan Bank DKI (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi melalui berantai WhatsApp yang menyatakan terkait pemberian bantuan sosial tunai Juni 2022.

Tidak hanya itu, terdapat juga narasi yang menyebut bahwa pihak penerima pesan harus merespons chat dan wajib memiliki rekening Bank DKI.

Namun saat berusaha melalui Kominfohoaks, dari akun Instagram resmi @bankdki, pihak Bank DKI mengklarifikasi bahwa pesan berantai tersebut adalah hoax. 

Masyarakat dapat mengunjungi laman situs resmi Dinas Sosial DKI Jakarta di dinsos.jakarta.go.id, akun media sosial resmi @dinsosdkijakarta dan @bankdki, atau menghubungi call center Dinas Sosial DKI Jakarta untuk mengklarifikasi segala informasi mengenai pengembangan bantuan sosial di DKI Jakarta.

Maka dapat dikatakan jika informasi yang beredar adalah hoax atau tidak benar. Faktanya, informasi tersebut telah dikonfrimasi oleh pihak bank DKI bahwa itu keliru.

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42745/hoaks-pencairan-bantuan-sosial-mengatasnamakan-bank-dki/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar