[Cek Fakta] Gubernur DKI Jakarta Pesta Pora

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal SGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Pesta Pora Makan Uang Rakyat (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah unggahan yang menunjukkan sejumlah foto yang didalamnya terdapat sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tengah berada di acara makan bersama dengan beberapa orang lainnya. 

Dalam foto tersebut juga disertai dengan keterangan yang menyatakan bahwa Anies Baswedan tengah mengadakan pesta pora menggunakan uang rakyat. 

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, foto dan klaim Anies Baswedan sedang berada di dalam pesta pora dan sedang menggunakan uang rakyat adalah tidak benar. 

Foto-foto tersebut ternyata diambil ketika Anies diundang makan malam oleh beberapa tokoh di Kota Makkah pada tahun 2017 lalu. 

Bahkan, foto yang sama juga pernah diunggah oleh akun Facebook resmi Anies Baswedan pada 28 Agustus 2017.

Maka dapat disimpulkan jika foto dengan narasi Anies sedang pesta pora dengan dana rakyat adalah tidak benar. Faktanya, foto yang beredar adalah ketika Anies diundang makan malam oleh beberapa tokoh di Kota Makkah pada tahun 2017 lalu. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42727/disinformasi-gubernur-dki-jakarta-anies-baswedan-pesta-pora-makan-uang-rakyat/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar