[Cek Fakta] Surat BI Diperdagangkan

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal Surat Berharga Bank Indonesia yang diperdagangkan (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah tangkapan layar yang didalamnya memperlihatkan surat berharga mengatasnamakan Bank Indonesia (BI).

Dalam narasi yang ada, surat tersebut diklaim dapat diperdagangkan. Surat jenis B.S CERTIFICATE GOLD dengan nomor: 78021189CH707FAL.8027114RC710727029 turut memuat email humasbi@.bi.go.id yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi lebih lanjut terkait pengesahan surat berharga yang dapat diperdagangkan tersebut.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, informasi di media sosial terkait surat berharga Bank Indonesia yang diklaim dapat diperdagangkan itu tidak benar alias hoaks. 

Hal tersebut disampaikan oleh Communication Department Bank Indonesia melalui Muhammad Hasyim selaku Digital Communication Team Bank Indonesia kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia di Jakarta.

Maka dapat disimpulkan jika surat tersebut adalah hoaks atau salah. Faktanya, Communication Department Bank Indonesia melalui Muhammad Hasyim selaku Digital Communication Team Bank Indonesia telah mengonfirmasi terkait itu. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42712/hoaks-surat-berharga-bank-indonesia-yang-dapat-diperdagangkan/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar