Kemenag Imbau Masyarakat Jeli Memilih Hewan Kurban

Dinas Kesehatan Memeriksa Hewan Kurban. Foto: (Antara)

KBRN, Jakarta: Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kepada masyarakat untuk jeli dalam memilih hewan kurban menjelang perayaan Iduladha 1443 H/2022 M. 

Sekretaris Ditjen Bimas Islam, Kementerian Agama (Kemenag), M Fuad Nasar menyatakan, wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah mempengaruhi kualitas kesehatan hewan ternak. 

"Sebelum beli hewan kurban perhatikan fisik hewan kurban baik sapi atau kambing, domba apakah memenuhi ketentuan syariat termasuk usia hewan ternak," kata Fuad kepada wartawan, Jumat (24/6/2022). 

"Lalu tidak cacat rusak mata, telinga, ekor, sakit, pincang, dan kurus. Itu faktor penting," tambahnya. 

Selain itu, Fuad menyampaikan, hewan kurban juga harus dipastikan aman dari wabah PMK. Sebab aspek kesehatan merupakan parameter dalam memilih hewan kurban terbaik yang dibuktikan dengan terpenuhinya syarat dan ketentuan dari instansi terkait.

"Kondisi hewan kurban dipastikan sehat dan aman dari penyakit hewan apa pun," ujarnya. 

Kemudian soal perawatan hewan kurban, lanjut Fuad, juga harus diperhatikan. Mulai dari kondisi kandang, pakan ternak, dan pengangkutan atau pengiriman hewan kurban.

"Sapi juga makhluk Allah dan tidak boleh diperlakukan seperti barang tidak bernyawa, sebagaimana yang sempat viral di media sosial baru-baru ini," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar