[Cek Fakta] Senator AS Soal Bukti Vaksin Covid-19 Berbahaya

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan soal CCuitan Senator AS Rand Paul Soal Bukti Vaksin Covid-19 Berbahaya (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah postingan yang didalamnya membagikan tangkapan layar dari unggahan akun Twitter Senator Amerika Serikat (AS) Rand Paul. 

Dalam unggahan itu, Paul mengatakan akan membagikan bukti tak terbantahkan tentang bahaya vaksin Covid-19.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, tangkapan layar cuitan Senator AS Rand Paul tentang bukti tak terbantahkan bahaya vaksin Covid-19 adalah hoaks atau tidak benar.

Ternyata tidak ditemukan arsip cuitan dengan narasi tersebut di akun Twitter Rand Paul. 

Adapun perihal cuitan tersebut sudah dibantah oleh pihak Rand Paul. D

Sementara itu, dilansir dari reuters.com, Juru Bicara Rand Paul juga telah menyatakan bahwa cuitan tersebut bukan berasal dari pihak Rand Paul.

Tweet palsu menampilkan nama "Sen. Rand Paul", tetapi akun aktif resmi Paul saat ini tidak memiliki nama itu. Setidaknya sejak 10 Februari 2022, akunnya @RandPaul menampilkan nama tampilan "Rand Paul" sebelumnya "Senator Rand Paul". Akunnya @SenRandPaul telah menampilkan nama "Senator Rand Paul" setidaknya sejak 1 Februari 2022 lalu.

Maka dapat disimpulkan jika informasi yang beredar adalah hoaks. Faktanya, Juru Bicara Rand Paul juga telah menyatakan bahwa cuitan tersebut bukan berasal dari pihak Rand Paul.

Referensi: 

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42572/hoaks-cuitan-senator-as-rand-paul-soal-bukti-vaksin-covid-19-berbahaya/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar