[Cek Fakta] Surat Instruksi OPM Letakkan Senjata

Sebuah tangkapan layar berupa unggahan soal Surat Gubernur Papua Lukas Enembe Instruksikan TPNPB-OPM Segera Letakkan Senjata (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi melalui tangkapan layar sebuah surat Gubernur Papua Nomor 005/8003/SET tertanggal 20 Juni 2022.

Dalam foto tersebut terlihat didalamnya berisikan instruksi  kepada Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dan seluruh Tentara Papua Merdeka-Organisasi Papua Merdeka (TPM-OPM) untuk meletakkan senjata dan segera bergabung dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) lantaran sudah menerima Otonomi Khusus (Otsus) dan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Papua.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, Juru Bicara Gubernur Papua Muhammad Rifai Darus melalui pesan WhatsApp mengklarifikasi surat yang beredar adalah tidak benar. 

Menurutnya, hal seperti ini meresahkan dan sering terjadi kepada Gubernur Lukas Enembe. Untuk itu diharapkan kepada aparat kepolisian agar bertindak cepat. 

Selain itu, Rifai juga berharap kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam menyebarkan informasi.

Maka dapat disimpulkan jika informasi yang tertera dalam surat tersebut adalah hoaks atau tidak benar. Faktanya, Surat yang beredar bukan surat resmi yang dikeluarkan oleh Gubernur Papua. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42691/hoaks-surat-gubernur-papua-lukas-enembe-instruksikan-tpnpb-opm-segera-letakkan-senjata/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar