Nadiem Sebut Buya Syafii Mengajarkan Nilai-nilai Pancasila

Arsip Foto : Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif menyampaikan kuliah umum dalam acara Diversity Award 2018 di Wisma Antara, Jakarta, Kamis (29/3/2018). Buya Syafii Maarif wafat pada Jumat, 27 Mei 2022. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/rwa.

KBRN, Jakarta: Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan, almarhum Ahmad Syafii Maarif merupakan tokoh bangsa yang sangat berjasa dalam penanaman nilai-nilai Pancasila melalui keteladanannya. 

"Keluarga besar Kemendikbudristek berbelasungkawa atas wafatnya Buya Syafii Maarif," kata Nadiem, Jumat (27/5/2022).

"Buya Syafii mengingatkan kita upaya untuk membumikan Pancasila sangat memerlukan gotong royong semua pihak, utamanya generasi muda," kata Nadiem menambahkan.

BACA JUGA: Kabar Duka, Ahmad Syafii Maarif Tutup Usia

Nadiem juga meyakini karakter Buya Syafii perlu diteladani generasi muda. 

"Beliau dikenal sebagai ulama dan cendikiawan yang bijaksana dan sederhana serta konsisten dalam mengawal toleransi dan inklusi," tuturnya.

Pesan Buya Syafii yang terus menerus didorong Kemendikbudristek adalah untuk membumikan Pancasila. 

"Untuk itulah Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka sehingga mata pelajaran Pendidikan Pancasila bisa dipelajari melalui praktik dan pembelajaran berbasis projek. Sehingga anak-anak kita dapat langsung mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila," pungkas Mendikbudristek.

BACA JUGA: Sampaikan Belasungkawa, Presiden Terkenang Jenguk Buya Syafii

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar