[Cek Fakta] Sosok Pengganti Anies Baswedan

Cap hoaks video berjudul "Tepat Pada Hari ini, Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies?"/ Tangkap Layar.jpg

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang di dalamnya memperlihatkan sebuah kegiatan Anies Baswedan di salah satu acara.

Tetapi video yang beredar tersebut juga memberikan judul "Tepat Pada Hari ini, Jokowi Resmi Tunjuk Risma Gantikan Anies?" 

Video ini diunggah di tengah rencana pengisian posisi penjabat Gubernur DKI Jakarta pada Oktober mendatang. Dalam video itu berisi gabungan video aktivitas Anies Baswedan, mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat dan Basuki Tjahja Purnama. 

Bahkan, narator dalam video itu membahas nama-nama kandidat yang dianggap layak menduduki posisi Pj Gubernur DKI Jakarta.

Namun saat ditelisuri melalui Cekfakta, video tersebut sama sekali tidak membahas bahwa Presiden Joko Widodo telah menunjuk Risma sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta. 

Selain itu, fakta juga menunjukkan, hingga artikel ini diturunkan pada Selasa 24 Mei 2022, Pemerintah Pusat juga belum menentukan nama pengganti Anies Baswedan. 

Video tersebut mencuplik pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat, yang menilai sosok Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono pantas menjadi calon penjabat Gubernur DKI Jakarta.

Maka, dapat disimpulkan, informasi dalam video mengenai Risma menggantikan Anies Baswedan adalah vudeo keliru atau hoaks. 

Referensi: Cek Fakta

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar