Sah, Ketua MK Menikahi Adik Presiden Jokowi

Tangkap layar prosesi akad nikah pernikahan adik Presiden Jokowi (kiri), Idayati (kerudung putih) dengan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman (baju abu-abu), di Gedung Graha Saba Buana Solo, jawa Tengah, Kamis (26/5/2022). (Foto: Media Center Polresta Surakarta)

KBRN,Surakarta: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman, resmi mempersunting (menikahi) Idayati adik Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Akad nikah berlangsung di Gedung Graha Sabha Buana Solo, Kamis (26/5/2022). Tepat pukul 10.00 WIB, Presiden Jokowi menikahkan saudari perempuannya dengan mas kawin seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan.

"Saudara Prof Dr H Anwar Usman SH. MH, bin H. Usman, saya nikahkan dan saya jodohkan dengan saudari perempuan saya Idayati binti Notomiharjo, nikah dengan engkau, dengan mas kawin berupa seperangkat alat salat dan sebuah jam tangan dibayar tunai," ucap Presiden. 

"Saya terima nikahnya dan jodohnya Idayati binti Notomihardjo dengan mahar tersebut tunai," jawab Usman.

Penghulu nikah yaitu Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari Arba'in Basyar, kemudian bertanya kepada para saksi.

Kedua saksi yaitu Wakil Presiden Maruf Amin dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, lalu menjawab "Sah". Dengan demikian pernikahan keduanya telah sah sesuai agama dan negara.

Sebagai informasi, akad nikah ini dihadiri sekitar 200 tamu undangan. Selain keluarga dan kerabat, juga terdapat pejabat pemerintahan dan tamu VIP.

Dari pantauan di lapangan, mulai dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo telah hadir di gedung Graha Saba Buana. 

Kemudian ada pula tenaga ahli Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfi, Mantan Menteri Agama Fahrul Razi, Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoli, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Sekretaris Kabinet Pramono Anung turut hadir di gedung pernikahan.

Menyusul kemudian Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan beberapa pengusaha kenamaan juga hadir dalam acara pernikagan ini. Hadir pula Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, yang awalnya ditunjuk menjadi saksi nikah pihak perempuan. Namun belakangan Pratikno digantikan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar