[Cek Fakta] Hepatitis Anak Disebabkan Vaksin mnRA

Tangkapan layar informasi vaksin mnRA menyebabkan hepatitis akut tersebar di media sosial (Foto: Website Turnbackhoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah narasi yang mengatakan vaksin mnRA menyebabkan hepatitis pada anak.

Tidak hanya itu, narasi tersebut juga menyertakan klaim dari artikel Dailyexpose.uk yang berjudul "New Study confirming COVID Vaccine causes Severe Autoimmune-Hepatitis is published days after W.H.O issued Global Alert about new Severe Hepatitis among Children."

Namun setelah ditelusuri melalui Turnbackhoaks, klaim tersebut salah. 

Melansir website Sehatnegeriku.kemkes.go.id, Kementerian Kesehatan membantah adanya kaitan antara vaksinasi covid-19 dengan penyakit hepatitis akut yang belum diketahui penyebabnya pada anak.

"Kejadian ini dihubungkan dengan vaksin covid-19 itu tidak benar, karena kejadian saat ini tidak ada bukti bahwa itu berhubungan dengan vaksinasi covid-19," ungkap Prof Hanifah.

Lebih lanjut, dilansir dari Factcheck.afp.com, seorang ahli hepatologi transplantasi pediatrik dari Mayo Clinic Children Center mengatakan, hepatitis misterius yang menulari anak-anak berbeda dengan hepatitis yang dijelaskan dalam penelitian tersebut.

"Studi ini dilakukan pada orang dewasa yang mencoba menghubungkan vaksin Covid-19 dan hepatitis autoimun, yang merupakan entitas terpisah yang berbeda dari hepatitis yang berdampak pada anak-anak," ungkapnya.

Maka dapat disimpulkan jika klaim oleh akun Twitter @JakartaStar merupakan informasi yang keliru dan termasuk ke dalam kategori konten yang menyesatkan.

Faktanya, vaksin mRNA tidak menyebabkan hepatitis dan tidak ada kaitan antara keduanya.

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2022/05/24/salah-vaksin-mrna-menyebabkan-hepatitis-pada-anak/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar