[Cek Fakta] Cek Gula Darah Tularkan HIV

Tangkapan layar berupa unggahan video dan pesan berantai yang mengklaim Cek Gula Darah Gratis Menularkan Virus HIV (Foto: Turnbackhoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah klaim yang berisi narasi cek gula darah gratis dapat menularkan virus HIV AIDS.

NARASI:

"Warning…. Perhatian jgn suka Cek2 darah yg di sebut Gratis atau tempat abal2,Hati2 Modus ini bisa terjadi… Waspadai para Guru /Kep.Sek serta Emak2 jangan Tergiur degan Gratisan Cek Gula Darah

Ini WA dari Pangdam IX Udayana

Assalamualaikum. Agar di WASPADAI!!!! … Dan segera Melaporkan jika ada Org yg Mengaku dari Fakultas Kedokteran ingin Mengukur/Cek Gula darah atau Pengambilan Sample darah … Gratis … Segera TOLAK dan LAPORKAN…

Waspada Dokter Palsu."

Namun saat ditelusuri melalui Turnbackhoaks, klaim ini sudah pernah beredar sejak tahun 2017, dan telah mengalami modifikasi. 

Sebelumnya, klaim serupa juga beredar di sejumlah daerah seperti di Aceh, Pasuruan, Malang, Bojonegoro,Yogyakarta hingga Bali. 

Isi pesan diubah lalu diganti dengan lokasi berbeda dan mencatut nama pejabat dan atau aparat setempat agar terlihat meyakinkan. 

Bahkan, pesan itu pernah mencatut PKI dan ISIS untuk menakuti masyarakat.

Maka dapat disimpulkan jika klaim mengenai cek gula darah gratis yang menularkan virus HIV adalah keliru dan termasuk dalam kategori konten palsu. Faktanya, narasi tersebut sudah pernah beredar dan isi pesan banyak diubah dengan lokasi berbeda dan mencatut nama pejabat setempat.

Referensi:

https://turnbackhoax.id/2022/05/22/salah-cek-gula-darah-gratis-menularkan-virus-hiv/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar