Menko PMK: Mudik Lebaran Sangat Memuaskan

Dokumentasi kendaraan mudik Lebaran 2022. (Foto: ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/YU)

KBRN, Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, berdasarkan evaluasi, pelaksanaan mudik Lebaran Idulfitri 1443 Hijriah/2022 sangat memuaskan.

Muhadjir mengungkapkan, terdapat 6 parameter mudik lebaran yang menjadi konsen Presiden Joko Widodo (Jokowi). Seluruh faktor yang ditentukan tersebut, berjalan dengan baik.

"Sebagaimana kita ketahui ada 6 parameter atau 6 variabel yang menjadi fokus perhatian dari bapak Presiden untuk penanganan mudik. Yang pertama yaitu tata kelola lalu lintas, yang kedua yaitu pengendalian-pengendalian Covid-19, kemudian yang ketiga adalah bahan baku, bahan pangan maksudnya, dan bahan bakar. Dan yang terakhir juga booster yang menjadi perhatian," kata Muhadjir dalam keterangan pers usai rapat terbatas (ratas) evaluasi mudik lebaran bersama Presiden Jokowi, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (24/5/2022).

"Alhamdulillah dari 6 indikator atau 6 variabel ini semua tercapai dengan sangat memuaskan," ujarnya.

Ia menambahkan, angka Covid-19 usai mudik Lebaran juga cenderung menurun. Selain itu, capaian vaksinasi booster sebagai syarat mudik juga meningkat.

"Angka kecelakaan mengalami penurunan. Di samping itu, insiden tempat tujuan wisata mengalami penurunan drastis bahkan bisa dikatakan nol angka fatal," imbuh Muhadjir.

Dijelaskannya, pada tahun ini, insiden kecelakaan di tempat tujuan wisata juga mengalami penurunan. 

"Di samping itu juga, insiden di tempat tempat tujuan wisata juga mengalami penurunan drastis hampir dikatakan 0. Jadi angka fatal kejadian insiden di pariwisata, sektor pariwisata di tempat-tempat wisata itu 0 insidennya," sebutnya.

Pemerintah hanya menggarisbawahi insiden yang terjadi di Kenjeran Park, Jawa Timur. Perosotan di wahana air tersebut roboh, yang mengakibatkan 16 orang luka mengalami luka-luka.

"Alhamdulillah tidak satupun meninggal," sebutnya.

Presiden Puji Tata Kelola Mudik 2022

Diungkapkannya, Presiden Jokowi memberikan apresiasi tata kelola mudik Lebaran 2022. Menurut Kepala Negara, tata kelola mudik pada tahun ini sangat baik.

"Bapak Presiden memberikan apresiasi kepada kementerian lembaga terkait yang telah melaksanakan tata kelola mudik dengan sangat baik,” beber Muhadjir.

Ia menyampaikan, apresiasi Presiden diberikan kepada Kementerian Perhubungan, Kementerian PUPR, Kementerian BUMN, Polri khususnya Kakorlantas, TNI, pemerintah daerah, BUMN khususnya Pertamina PT Jasa Marga dan PT ASDP.

Selain itu, Presiden juga menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang tetap menjaga kepatuhan protokol kesehatan pada pelaksanaan mudik di tengah pandemi Covid-19.

“Bapak Presiden menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga masyarakat terutama mereka yang telah menjalankan mudik Tahun 2022, atas kedisiplinannya kepatuhannya terhadap ketentuan-ketentuan yang telah dilakukan oleh pemerintah,” urai Muhadjir.

“Termasuk di dalamnya adalah tertib menggunakan jalan ketika sedang perjalanan termasuk juga kepatuhan terhadap protokol kesehatan dan kepatuhan-kepatuhan yang lain,” tukasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar