[Cek Fakta] Ikan Raksasa di Lumajang

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan video dan pesan berantai yang mengklaim BViral Ikan Raksasa di Danau Ranu Pakis Lumajang (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah unggahan video di media sosial yang memperlihatkan penampakan ikan berukuran besar di Danau Ranu Pakis, Kecamatan Klakah, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. 

Bahkan para warga meyakini jika ikan misterius itu merupakan ikan raksasa penunggu danau yang mungkin saja telah berusia ratusan tahun.

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, nelayan Desa Ranu Pakis Muhammad Idris Baidhowi membantah informasi yang beredar tersebut. 

Idris mengatakan bayangan seperti ikan berukuran besar yang muncul dalam video tersebut sebenarnya bukan ikan raksasa seperti yang dibayangkan warga. 

Menurutnya, ikan yang ada dalam video itu merupakan gerombolan ikan yang cukup banyak sehingga terlihat seperti ikan yang berukuran besar. 

Idris yang setiap harinya bekerja sebagai pencari ikan di Ranu Pakis menuturkan kejadian ikan bergerombol itu kerap terjadi dalam dua bulan terakhir. 

Idris yang menyaksikan secara langsung dari jarak dekat menjelaskan bahwa gerombolan ikan itu merupakan jenis ikan mujair dan nila, sedangkan ikan yang paling besar dan berada di depan merupakan ikan gabus.

Maka dapat disimpulkan jika video terkait ikan raksasa adalah hoaks atau tidak benar. Faktanya, ikan yang ada dalam video itu merupakan gerombolan ikan yang cukup banyak sehingga terlihat seperti ikan yang berukuran besar. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/41979/disinformasi-viral-ikan-raksasa-di-danau-ranu-pakis-lumajang/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar