PPKM Kembali Diperpanjang Hingga 6 Juni

Aktivitas Masyarakat di Jakarta saat PPKM berlangsung. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali ataupun luar Jawa-Bali kembali diperpanjang hingga tanggal 6 Juni 2022.

Dirjen Bina Adwil Safrizal menyampaikan, evaluasi PPKM yang dilaksanakan setiap 2 minggu ini menunjukkan kondisi yang semakin membaik. Dan, untuk daerah aglomerasi Jabodetabek turun menjadi level 1.

“Kita lihat data perubahan jumlah daerah pada setiap level PPKM baik di Jawa Bali dan di Luar Jawa Bali menunjukkan kondisi yang semakin membaik, dengan meningkatkan jumlah daerah yang berada di Level 1, termasuk Jabodetabek," kata Safrizal kepada wartawan, Selasa (24/5/2022).

Diketahui, pengaturan PPKM Jawa Bali tertuang dalam Inmendagri Nomor 26 Tahun 2022, sedangkan untuk pengaturan PPKM Luar Jawa Bali tertuang dalam Inmendagri Nomor 27 Tahun 2022.

Safrizal menjelaskan, untuk wilayah Jawa dan Bali, jumlah daerah yang berada di Level 1 meningkat dari semula 11 menjadi 41 daerah. Daerah pada Level 2 menurun dari semula 116 menjadi 86 daerah, dan daerah di Level 3 tetap berjumlah 1 daerah (Kabupaten Pemekasan), serta tidak ada daerah di Level 4.

Di luar Jawa-Bali juga memiliki kondisi sama, yaitu naiknya jumlah daerah yang berada di Level 1 dari yang semula 88 daerah menjadi 170 daerah. Juga penurunan terjadi Level 2, dari semula 276 menjadi 196 daerah. Penurunan jumlah daerah di Level 3 dari 22 menjadi 20 daerah.

"Kita terus berharap agar kondisi ini tetap terus berlanjut, walaupun pemerintah telah melonggarkan penggunaan masker khususnya di ruang terbuka yang tidak padat orang," ujar Safrizal. 

"Namun bagi kelompok rentan, lansia, yang memiliki komorbid, serta masyarakat yang memiliki gejala batuk dan pilek untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar