[Cek Fakta] Pinjaman Online Bank Indonesia

Sebuah gambar tangkapan layar berupa unggahan video soal email pencairan dana pinjaman online mengatasnamakan Bank Indonesia (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah postingan video alamat email mengatasnamakan Bank Indonesia dengan alamat csbankindonesia38@gmail.com. 

Alamat Email yang beredar tersebut terlihat meminta data penerima dengan iming-iming akan memberikan kredit secara online. Penerima email juga diminta untuk memberikan sejumlah dana terlebih dahulu agar dana dapat dicairkan.

Namun saat ditelusuri berdasarkan Kominfohoaks dari akun Instagram resminya, @bank_indonesia menyebut email tersebut adalah palsu dengan modus penipuan. 

Bank Indonesia tidak memberikan pinjaman maupun membuka dana pada masyarakat. Bank Indonesia juga tidak melakukan permintaan data melalui email, terutama validasi terkait kepemilikan akun perbankan. 

Masyarakat juga diimbau untuk menghubungi #BICARA131 atau mengikuti akun media sosial resmi Bank Indonesia guna memastikan setiap informasi akurat seputar Bank Indonesia.

Maka dapat dikatakan jika email yang beredar adalah alamat email palsu dan informasi yang sebarkan adalah hoaks atau tidak benar.

Faktanya, Bank Indonesia juga tidak melakukan permintaan data melalui email, terutama terkait dengan kepemilikan akun pada perbankan. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/42020/hoaks-email-pencairan-dana-pinjaman-online-mengatasnamakan-bank-indonesia/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar