Brigjen (Purn) Budi Setiawan Terima Penghargaan Lembaga Adat Sunda

Mantan Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri, Brigjen Pol (Purn), Budi Setiawan (kanan) menerima penghargaan dari Pengasuh Pakarang Adat Nusantara, Abah Dr Yusuf Bahtiar, karena dinilai sebagai sosok panutan masyarakat Sunda.

KBRN, Bandung: Brigjen Pol (Purn) Budi Setiawan menerima penghargaan dari Pengasuh Pakarang Adat Nusantara Abah Dr Yusuf Bahtiar, serta disematkan sebuah pin oleh Abah Anton Charliyan, yang merupakan mantan Kapolda Jawa Barat.

Mantan Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri itu mendapatkan penghormatan sebagai salah satu tokoh Sunda yang menjadi panutan dan disegani, lantaran mengharumkan dan memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sunda. 

Penyerahan penghargaan dilakukan di hadapan sejumlah elemen ormas serta pegiat adat budaya dan keagamaan, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (24/5/2022).

Abah Yusuf Bahtiar yang merupakan tokoh besar dari suku Sunda tersebut, menyematkan ikat kepala Sunda kepada Budi. Sementara Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan, menyematkan pin kepada Budi Setiawan, juga yang pernah menjabat sebagai Kapolresta Bandung Barat itu.

Anton juga membawakan sarasehan dan memberikan pengetahuan sejarah Sunda kepada hadirin. 

"Saya senang sekali bisa memberikan pin Barisan Patriot Pejuang Merah Putih (BP2MP) kepada Brigjen Pol (Purn) Budi Setiawan dan sama sama menjaga keutuhan budaya Sunda dan kesatuan masyarakat Sunda pada khususnya," kata Anton.

Pada penyematan itu turut hadir Humas Setya Kita Pancasila, Sandy Tumiwa, Habib Djafar Sidiq bin Yahya serta Sekjen Kita Pancasila Meyske Yunita.

Budi mengaku sangat berterima kasih dan terharu atas apresiasi tersebut. Ia pun berjanji akan bersama-sama dengan masyarakat Sunda di manapun berada, terus menjaga dan melestarikan budaya luhur Sunda. 

"Ikat kepala Sunda adalah simbol bahwa suku Sunda yang berada dalam satu kesatuan Negara Republik Indonesia. Dengan demikian, simbol ini akan terus menjadi pengingat bagi saya untuk menjadi orang Sunda yang berbudi pekerti luhur sebagaimana budi pekerti leluhur kita yang kita semua hormati," papar Budi.

"Dan sebagai warga negara, saya akan setia mengamalkan falsafah Pancasila dalam seluruh perikehidupan sehingga bersama-sama dengan adat dan suku lain di Indonesia memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa," imbuh adik dari Ketua DPRD Jawa Barat Taufik Hidayat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar