Menko PMK: Tingkatkan Kesadaran Dalam Penanggulangan Bencana

Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: (Dok. Antara )

KBRN, Jakarta: Global Platform for Disaster Risk Reduction (GPDRR) tahun 2022 ini diadakan pada 25-27 Mei 2022 di Nusa Dua Hall BNDCC, Bali.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, ada empat target yang hendak dicapai dalam kegiatan tersebut.

"Target pertama lebih ke pemulihan pasca covid-19. Kedua meningkatkan kesadaran publik dalam penanggulangan bencana. Ketiga melibatkan elemen penting pentahelix dalam pengurangan risiko bencana. Terakhir keempat menunjukkan praktik baik yang sudah Indonesia lakukan," kata Muhadjir seperti dikutip dari keterangannya, Senin (23/5/2022).

Ada 4.091 delegasi dari 193 negara yang akan mengikuti ajang forum global itu. Sebanyak 3.001 delegasi akan hadir secara fisik dan 1.096 delegasi melalui platform online.

GPDRR, kata Muhadjir, merupakan momentum untuk memperkuat pengurangan risiko dan penanggulangan bencana.

"Dengan dipercayanya Indonesia sebagai tuan rumah forum internasional ini, maka menjadi momentum untuk memperkuat mitigasi, praktik baik pengurangan resiko bencana, termasuk penanggulangan bencana secara global dan nasional," tukasnya. 

Diketahui, nantinya forum ini akan membahas banyak hal terkait topik penting di antaranya adalah tata kelola risiko bencana, investasi risiko bencana, dan pemulihan pasca pandemi.*

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar