Potensi Hujan akan Terjadi di Wilayah Jawa 

Dok. Pegawai BMKG menunjukkan prakiraan cuaca ke sebuah layar di Kantor BMKG, Jakarta, Selasa (14/1/2020). (ANTARA/Katriana)

KBRN, Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi hujan  akan ada peningkatan dalam tiga hari ke depan di wilayah JAwa. 

"Betul sekali untuk kondisi saat ini beberapa hari terakhir kondisinya mengalami perubahan signifikan, potensi hujan masih ada peningkatan untuk beberapa hari ke depan. Hal ini dipicu karena adanya peningkatan dinamika atmosfer di wilayah Jawa khusunya," kata Kepala Bidang Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Miming Saepudin dalam perbincangan bersama Pro 3 RRI, Jumat (20/5/2022) malam.

Berdasarkan analisanya, wilayah Jawa saat ini ada aktifitas gelombang atmosfer yang notabene bisa meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujaita peran untuk tiga hari ke depan. 

"Kita perhatikan kemudian ada beberapa pola belokan angin di wilayah itu yang tentunya memicu potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Jawa secara umum untuk beberapahari ke depan," jelasnya. 

Menurutnya, kondisi hujan ini peningkatannya tidak anya terjadi di wilayah Jabodetabek.

"Kami menganalisis dan memprdiksikan terutama tiga hari ke depan sampai tanggal 24 Mei potensi peningkatan curah hujan di wilayah Jawa Barat terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur ini cukup signifikan untuk tiga hari ke depan," urainya. 

Miming menjelaskan, kecenderungan hujan mulai menurun di atas tangga 25 Mei.

"jadi untuk wilayah Jawa secara umum bahwa mulai periode  awal Juni mendatang itu sudah mulai memasuki musim Kemarau," terangnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar