Penumpang KA Jarak Jauh Tak Perlu PCR

Seorang penumpang tengah menggendong anak kecil bersiap naik Kereta Api Bangunkarta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (29/4/2022). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/nz

KBRN, Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 1 Jakarta menerapkan syarat perjalanan baru untuk penumpang kereta api (KA) jarak jauh. 

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, para penumpang yang akan berangkat dari Daop 1 Jakarta untuk memperhatikan kembali aturan terbaru perjalanan KA jarak jauh yang diterapkan mulai hari ini.

“Dalam rangka memperlancar proses pemeriksaan, KAI telah mengintegrasikan ticketing system KAI dengan aplikasi PeduliLindungi untuk memvalidasi data vaksinasi dan hasil tes Covid-19 pelanggan,” ujar Eva dalam keterangannya, Rabu (18/5/2022).

Penumpang KA jarak jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua dan ketiga (booster) tidak lagi diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding.

Sementara itu, bagi penumpang yang baru mendapatkan vaksin dosis pertama, tetap harus menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR 3x24 jam atau Rapid Test Antigen 1x24 jam.

Hal ini menyusul Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 18 Mei 2022.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar