Presiden Jokowi Longgarkan Kebijakan Pemakaian Masker

Presiden Joko Widodo saat berpidato di Istana Negara, Jakarta, pada Kamis (26/8/2021). ANTARA/HO-Biro Pers Setpres/Rusman/aa.

KBRN, Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker.

Langkah ini diambil pemerintah, setelah melihat penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia yang semakin terkendali.

"Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker," kata Presiden dalam pernyataan pers terkait pelonggaran penggunakan masker, dari Istana Bogor, Selasa (17/5/2022).

Meski demikian, Kepala Negara menyarankan, masyarakat yang masuk ke dalam katergori rentan untuk tetap menggunakan masker. Begitu juga dengan masyarakat yang sedang sakit. Terlebih jika ada gejala batuk dan pilek.

"Bagi masyarakat yang masuk kategori rentan lansia atau memiliki penyakit komorbid, maka saya tetap menyarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas," ujarnya. 

"Demikian juga bagi masyarakat yang mengalami gejala batuk dan pilek, maka tetap harus menggunakan masker ketika melakukan aktivitas," tambahnya.

Selain itu, Presiden menyebut, bagi para pelaku perjalanan dalam negeri dan luar negeri yang sudah mendapatkan dosis vaksinasi lengkap, sudah tidak perlu lagi untuk melakukan tes Swab PCR maupun Antigen.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar