[Cek Fakta] Anak SD Minimal 6,5 Tahun

Sebuah postingan tangkapan layar yang menampilkan sebuah unggahan soal informasi Udia Peserta Didik SD Harus 6,5 tahun (Foto: Kominfohoaks)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi yang menyebut orang tua harus memastikan anaknya berusia 6,5 tahun sebelum mendaftar masuk Sekolah Dasar (SD). 

Bahkan, ketentuan itu diklaim sebagai aturan terbaru yang telah ditetapkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. 

Namun saat ditelusuri melalui Kominfohoaks, merujuk Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, tidak ada poin yang menyebutkan anak harus berusia minimal 6,5 tahun untuk menjadi peserta didik baru SD. 

Permendikbud tersebut mengatur bahwa peserta didik baru SD diprioritaskan berusia 7 tahun, atau paling rendah 6 tahun per 1 Juli tahun berjalan. 

Artinya, prioritas diberikan kepada peserta didik yang telah berusia 7 tahun, tetapi peserta didik yang berusia 6 tahun per 1 Juli tahun berjalan juga masih memiliki kesempatan.

Maka dapat disimpulkan jika informasi yang beredar adalah hoaks atau tidak benar. Faktanya, peserta didik baru SD diprioritaskan berusia 7 tahun, atau paling rendah 6 tahun per 1 Juli tahun berjalan. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/41732/misinformasi-peserta-didik-baru-jenjang-sd-minimal-berusia-65-tahun/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar