[Cek Fakta] Alat Tes Covid-19 Palsu

[Cek Fakta] Alat Tes Covid-19 90 Persen Palsu (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi yang mengklaim bahwa 90% alat tes Covid-19 untuk pengecekan mandiri, tidak berfungsi dan akan menunjukkan hasil positif. 

Informasi yang beredar lewat Facebook tersebut dibuktikan lewat tes terhadap jeruk dan kopi yang menunjukkan hasil positif Covid-19. 

Namun setelah dilakukan penelusuran melalui Kominfo, klaim yang menyebutkan bahwa alat tes Covid-19 akan selalu menunjukkan hasil yang positif adalah klaim yang keliru. 

Selain itu, saat dilansir dari artikel Reuters, pengecekan fungsi alat tes Covid-19 terhadap jeruk atau kopi merupakan tindakan yang salah. 

Hasil positif yang ditunjukkan pada alat, bukan karena jeruk atau kopi tersebut terindikasi Covid-19 atau alat yang tidak berfungsi baik, namun karena zat pada jeruk atau kopi mengganggu perangkat tes dan dengan demikian merusak hasil tes.

Maka dapat disimpulkan jika informasi mengenai alat tes Covid-19 palsu adalah hoaks. Faktanya, pengecekan fungsi alat tes Covid-19 terhadap jeruk atau kopi merupakan tindakan yang salah. 

Referensi:

https://www.kominfo.go.id/content/detail/39584/disinformasi-video-90-alat-tes-covid-19-palsu-dan-tidak-berfungsi/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar