FOKUS: #PPKM

Sistem Pengendalian Banjir Artha Gading Selesai Desember

Pemerintah Kota Jakarta Utara memantau pembangunan Polder Artha Gading atau Sistem Pengendalian Banjir di Jalan Boulevard Raya Artha Gading, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading. Pembangunan polder yang dilakukan sebagai upaya pengendalian banjir di kawasan Kelapa Gading ini diperkirakan selesai Desember 2022. (Foto: Dok. Pemerintah Kota Jakarta Utara)

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Utara memantau pembangunan Polder Artha Gading atau Sistem Pengendalian Banjir di Jalan Boulevard Raya Artha Gading, Kelurahan Kelapa Gading Barat, Kelapa Gading. 

Pembangunan polder yang dilakukan sebagai upaya pengendalian banjir di kawasan Kelapa Gading ini diperkirakan selesai Desember 2022.

Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) Provinsi DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengatakan, polder ini akan mengalirkan air dari saluran PHB Artha Gading langsung ke Kali Sunter dengan bantuan pompa. 

"Dilaksanakan oleh Bidang Banjir Dinas SDA. Teknisnya pembangunan dilakukan melalui mekanisme KSO sejak November 2021 lalu," kata Yusmada, lewat keterangan resmi yang diterima RRI.co.id di Jakarta, Rabu (26/1/2022). 

Yusmada menerangkan keberadaan polder akan mampu mengendalikan genangan di kawasan Artha Gading dan sekitarnya.

"Selama ini saluran sejumlah permukiman warga dan kawasan ekonomi sekitaran Jalan Boulevard Raya Artha Gading ditampung Saluran PHB Artha Gading. Polder ini nantinya akan dilengkapi long storage sebagai area penampungan yang dilengkapi tiga unit pompa dengan total kekuatan tujuh meter kubik per detik," ungkapnya. 

Yusmada mengatakan, selain pembangunan polder nantinya juga akan dilakukan peninggian sheetpile sisi timur Kali Sunter sepanjang kawasan depan Mall Atha Gading. 

"Peninggian sheetpile akan disamakan dengan sisi baratnya. Tujuannya mengantisipasi air jangan sampai limpas. Pembangunan tersebut diperkirakan selesai Oktober 2022," tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar