Sosok Megawati Bagi Risma

Menteri Sosial (Mensos) RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Tri Rismaharini menilai, Presiden ke-5 Republik Indonesia, yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri adalah sosok yang konsisten, terutama soal menjaga lingkungan. Wanita yang akrab disapa Risma itu mengungkapkan, karena itulah seluruh kader PDI Perjuangan kemudian merayakan hari ulang tahun Megawati dengan cara menanam Pohon Mangrove dan Cemara Udang di seluruh Indonesia seperti yang ia lakukan di Bali. Menurut Risma, kebiatan ini sama saja dengan menjalankan salah satu amanat Megawati untuk merawat bumi. (Foto: Dok. DPP PDI Perjuangan)

KBRN, Jakarta: Menteri Sosial (Mensos) RI yang juga Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Tri Rismaharini menilai, Presiden ke-5 Republik Indonesia, yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri adalah sosok yang konsisten, terutama soal menjaga lingkungan.

Wanita yang akrab disapa Risma itu mengungkapkan, karena itulah seluruh kader PDI Perjuangan kemudian merayakan hari ulang tahun Megawati dengan cara menanam Pohon Mangrove dan Cemara Udang di seluruh Indonesia seperti yang ia lakukan di Bali.

Menurut Risma, kebiatan ini sama saja dengan menjalankan salah satu amanat Megawati untuk merawat bumi.

"Sehingga masyarakat bisa menikmati kenyamanan karena kondisi bumi ini terawat," ungkapnya di Pantai Telaga Waja, Badung, Bali, seperti dikutip RRI.co.id, Minggu (23/1/2022).

BACA JUGA: Risma: Yakinlah, Apa yang Dilakukan Itu Benar

Risma mengaku banyak belajar dari sosok Megawati.

Bahkan, menurut Risma, setiap ada kesempatan, ia selalu berusaha menyempatkan diri berdiskusi dengan putri proklamator Bung Karno itu.

Risma menyebut, setidaknya ada tiga hal yang bisa dipegang.

Yang pertama soal konsistensi.

"Apapun resikonya, jika sudah mengambil keputusan itu dipegang," ujarnya.

BACA JUGA: Gerakan Merawat Pertiwi, Hadiah Ultah Buat Megawati

Yang kedua, lanjut Risma, Megawati adalah sosok yang sangat detil.

Pernah mengingatkan dirinya jika ingin bertolak ke Indonesia Timur untuk selalu mempersiapkan barang-barang keperluan untuk menghindari hal yang tak diinginkan.

Menurut Risma, mungkin ini hal sepele bagi sebagian orang, tapi menurutnya tidak.

"Pelajaran itu mengajarkan kepada saya, untuk saya selalu berbicara detil dalam setiap langkah. Tidak bisa kemudian, setelah misalkan ada kebijakan/policy, kenapa saya kemudian memantau penyaluran. Kalau saya memantau bansos, itu tidak bisa tanpa melakukan pengawasan, apakah itu benar-benar terealisasi ke bawah. Itu benar-benar yang harus kita kontrol," katanya.

Yang ketiga, sebut Risma, Megawati tak pernah bosa berpesan, agar selalu menjaga persatuan, kesatuan, serta gotong-royong.

"Yang ketiga, Ibu Ketua Umum selalu menekankan persatuan, kesatuan dan gotong royong itu yang utama. Saya pikir, saya selalu sampaikan ke seluruh staf dan warga," ungkapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar