[Cek Fakta] Informasi Adopsi Bayi

[Cek Fakta] Informasi Adopsi Bayi (foto:istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah unggahan di media sosial Facebook yang berisikan tawaran untuk mengadopsi bayi karena orang tuanya belum siap merawat. 

Bahkan, dalam unggahan juga disertakan nomor telepon yang diklaim sebagai nomor pihak berwajib, bagi yang berminat mengadopsi bayi agar menghubungi nomor tersebut. 

Saat ditelusuri melalui Kominfo, Humas Polda Kalteng melalui akun Instagram-nya mengonfirmasi bahwa informasi tersebut hoaks dan nomor yang tertera pada unggahan bukan nomor telepon aparat berwajib atau pihak kepolisian. 

Menurut Humas Polda Kalteng informasi tersebut diduga digunakan untuk melakukan penipuan, dengan menyuruh mengirimkan sejumlah uang kepada oknum apabila ada yang ingin mengadopsi bayi. 

Untuk itu, Humas Polda Kalteng mengimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap modus penipuan semacam itu.

Maka dapat disimpulkan yang berisikan tawaran untuk mengadopsi bayi karena orang tuanya belum siap merawat adalah hoaks atau tidak benar.

Faktanya, informasi tersebut diduga digunakan untuk melakukan penipuan.

Referensi:

https://www.instagram.com/p/CW64JDcheCr/

https://www.kominfo.go.id/content/detail/38506/hoaks-tawaran-adopsi-bayi-dengan-menghubungi-pihak-berwajib/0/laporan_isu_hoaks

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar