Libur Nataru Ragunan Akan Batasi Pengunjung

KBRN, Jakarta: Manajemen Taman Margasatwa Ragunan akan mengurangi jumlah pengunjung dalam libur perayaan natal dan tahun baru di PPKM Level 3 mendatang. 

Staf Pelayanan Informasi dan Kehumasan Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, manajemen ragunan belum menerima petunjuk teknis guna pelaksanaan langsung 

Dalam hal ini, pada peyaraan natura di PPKM Level 3 nanti kemungkinan akan dilakukan pengurangan pengunjung namun presentasenya belum dapat dipastikan. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi lonjakan pengunjung dan menekan angka penyebaran Covid-19. 

"Untuk teknis belum ada petunjuk pelaksana langsung. Kalau kami siap aja, kaya apa mekanisme nya level 3. Kemungkinan akan dikurangi jumlah pengunjung aja, namun belum tau berapa persenya," kata dia saat ditemui RRI.co.id, Sabtu (4/12/2021). 

Wahyudi mengatakan, pada PPKM Level 2 saat ini ragunan tetap memberlakukan 30.000 kuota pengunjung setiap harianya. Sedangkan untuk hari ini pengunjung yang datang keragunan sebanyak 7 ribu lebih, hal tersebut dinilainya masih jauh dari kuota yang pengunjung yang disediakan. 

Dia menekankan, saat PPKM level 3 nanti diterapkan manajemen Ragunan tetap memberlakukan aturan dan mekanisme yang sama kepada pengunjung seperti, jam oprasional dari Pukul 7.00 sampai Pukul 14.30 wib. Selain itu, pendaftaran online H- 1 dan pengunjung harus scan barkot peduli lindungi. Pasalnya hanya yang sudah vaksin yang kami perbolehkan dan anak-anak di bawah 12 tahun. 

"Dan yang tidak kalah penting, penerapan prokes yang ketat seperti mencuci tangan sebelum masuk dan wajib menggunakan masker di area dalam ragunan serta penerapan ganjil genap untuk kendaraan akan tetap kami terapkan karena di rasa efektif," kata dia. 

Sementara itu, Rina salah satu pengunjung ragunan mengatakan, dirinya berharap ragunan tetap buka di hari libur nataru mendatang. Pasalnya, ragunan merupakan tempat alternatif masyarakat untuk berlibur. Selain harga tiket masuk yang terjangkau, Ragunan juga sangat disukai anak-anak. 

"Pengennya tetap buka ya, biar anak-anak bisa main. liburnya kan juga lama. Biar gak bosen aja di rumah," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar