Menteri Plate Ajak Pelaku Digital Kembangkan E-health

Menkominfo Johnny G Plate / Dok. ANTARA / Bayu Prasetyo

KBRN, Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengajak para pelaku industri digital dalam forum ekonomi digital untuk mengembangkan electronic health (e-health). Hal itu dalam rangka mempersiapkan kebijakan-kebijakan bersama seluruh pelaku industri digital. 

Plate menyatakan, masalah kesehatan saat ini menjadi perhatian penting bagi masyarakat terlebih di tengah pandemi Covid-19. Untuk itu perlu dilakukan pelayanan berbasis TIK agar dapat menjangkau semua kalangan. 

"Sebagaimana amanat undang-undang kesehatan dalam rangka tindakan-tindakan kuratif, preventif, promotif, tindakan-tindakan rehabilitatif layanan medis itu bisa kita manfaatkan dengan infrastruktur digital, ruang digital menjangkau seluruh wilayah nasional," kata Plate saat ditemui awak media di Jakarta, Selasa (30/11/2021). 

Selain membahas pemanfaatan ruang digital bagi pelayanan kesehatan masyarakat, Plate juga menyinggung soal potensi digital ekonomi di Indonesia.

Sebab diakuinya, pengembangan ekonomi digital menjadi salah satu hal yang masuk dalam fokus Kementerian Kominfo sebagai salah satu cara memanfaatkan infstruktur digital yang dibangun di Indonesia.

Plate menjelaskan, di 2021 saja pertumbuhan ekonomi digital Indonesia diperkirakan mencapai 70 miliar dolar AS atau setara dengan Rp1.000 triliun.

Pertumbuhan ekonomi digital pun tidak terhenti di 2021 saja, melihat masih besarnya potensi ekosistem digital Tanah Air diperkirakan di 2025 Indonesia bisa meraup 146 miliar Dolar AS atau setara dengan Rp2.100 triliun.

"Termasuk di dalamnya electronic health kita perlu melakukan pertemuan ini bersama industri untuk mendapatkan masukan dari mereka, agar kebijakan yang nantinya diambil memang berpihak pada pengembangan indusrtri termasuk industri electronic health dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan pada masyarakat,” lanjut Plate. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar