KPI Dinilai Gagal Jamin Lingkungan Kerja Sehat

KBRN, Jakarta: Terkait kasus MS, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyimpulkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) gagal memberikan jaminan atas lingkungan kerja yang sehat, nyaman, dan aman dari tindakan perundungan dan pelecehan seksual.

Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsaramenjelaskan, kesimpulan itu berdasarkan tiga indikator. 

"Pertama tidak ada perangkat dan pedoman terkait pencegahan perundungan dan pelecehan seksual," ujar Beka dalam keterangan, Senin (29/11/2021).

"Dua, kebiasaan melakukan perundungan yang dianggap lelucon dan bahan candaan di lingkungan kerja divisi Visual Data KPI Pusat," lanjut Beka. 

Beka menjelaskan yang ketiga, akibat kebiasaan itu, Komnas HAM menduga bahwa perundungan sebenarnya terjadi tidak hanya pada MS, namun juga pegawai lainnya.

"Hanya saja perkara itu tidak diungkap karena perundungan seolah-olah telah menjadi kebiasaan untuk saling mengakrabkan antar-pegawai," ungkap Beka. 

Adapun perkara MS mencuat setelah pengakuannya melalui keterangan tertulis viral di media sosial sejak 1 September lalu.

MS mengaku telah mengalami perundungan sejak 2015, kemudian pelecehan seksual pada 2017. Ia lantas melaporkan lima rekannya ke Polres Metro Jakarta Pusat.

Saat ini perkara MS masih diselidiki oleh kepolisian. Sementara Komnas HAM melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran hak asasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar