Foto Kelas Jurnalis Cilik Dipamerkan di Jakut

KBRN, Jakarta: Sejumlah foto bertema 'Dibalik Lensa Anak Pesisir' karya Kelas Jurnalis Cilik dipamerkan di Dermaga Nelayan Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Cilincing, Cilincing, Jakarta Utara. 

Pameran foto disebut Sekretaris Kota Kota Administrasi Jakarta Utara, Abdul Khalit sebagai sarana karya sekaligus torehan prestasi masyarakat Jakarta Utara.

"Pameran foto ini bukan hanya sebagai pengisi waktu luang tetapi bisa menjadi sarana untuk  berkarya dan menorehkan prestasi," ujar Abdul Khalit saat dijumpai di Dermaga Nelayan Rukun Warga (RW) 04, Kelurahan Cilincing, Cilincing, Jakarta Utara, Minggu (28/11/2021).

Untuk ke depannya, diyakininya Kelas Jurnalis Cilik bisa berkegiatan pembinaan atau pelatihan hingga lomba melalui kolaborasi antara lurah, camat, maupun lembaga non pemerintahan dan swasta termasuk para aktivis pendidikan dan lingkungan, serta menggandeng BAZNAS (BAZIS) Provinsi DKI Jakarta.

Namun dengan adanya pameran ini pun telah membuatnya bangga melalui karya yang telah dipamerkan setelah empat bulan mengikuti kelas jurnalis bersama para mentor.

"Kolaborasi itu hadir disini, ada keterlibatan swasta, lembaga non pemerintah dan pemimpin wilayah dalam implementasi program pendidikan non formal bagaimana mengaktualisasikan diri anak-anak pesisir untuk meningkatkan minat, bakat serta mewujudkan cita-cita mereka sebagai jurnalis," jelasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala Suku Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Kota Administrasi Jakarta Utara, Linda Harmaini menambahkan kegiatan ini sangat baik dalam mengenalkan dunia jurnalistik kepada masyarakat.

Terutama dalam pembinaan anak-anak sebagai pengembangan minat, bakat, dan ilmu pengetahuan baru di luar pendidikan formal di sekolah.

"Untuk pengembangan minat bakat anak ini sangat bagus," pungkasnya.

Inisiator Kelas Jurnalis Cilik, Syamsudin Ilyas menerangkan pameran foto ini diikuti 25 peserta yang menghasilkan 75 foto tentang lingkungan sekitar pesisir Utara Jakarta.

Karya dari para Jurnalis Cilik pun pernah mengikut pameran foto jurnalis di beberapa event di Museum DKI Jakarta dan Jakarta Internasional Foto Festival tahun 2018 dan tahun 2021.

"Melalui pameran foto hasil karya peserta kelas jurnalis cilik ini tujuannya sebagai sarana edukasi anak-anak untuk meluaskan pengetahuan di masyarakat akan pentingnya foto jurnalistik dan jurnalisme warga yang mampu menciptakan dampak positif bagi pembangunan wilayah," tambahnya. 

Diketahui, pameran foto jurnalis cilik ini juga dirangkai dengan pembuatan mural di tanggul pembatas laut oleh para seniman mural, pemberian piagam penghargaan bagi peserta Kelas Jurnalis Cilik, fashion show foto dan bersih-bersih pesisir.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar