Kolaborasi Pendidikan Indonesia-Taiwan, Menebar Semangat Antusiasme

Sesi seremonial penandatangan nota kesepahaman pada hari kedua pelaksanaan Forum Pendidikan Tinggi Taiwan-Indonesia Keenam tanggal 26 November 2021. Sesi ini disaksikan secara langsung oleh Nicole Yen-Yi Lee, Direktur Jenderal Departemen Internasional dan Lintas Selat, Kementerian Pendidikan Taiwan. (Sumber foto : TETO Indonesia)

KBRN, Jakarta: Lebih dari 100 universitas Taiwan dan Indonesia menyatakan antusiasme untuk bekerja sama dalam kerangka akademis.

Hal itu pun terbukti konkret dengan ditandatanganinya nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan dalam Forum Pendidikan Tinggi Taiwan-Indonesia ke-6 yang diselenggarakan secara daring pada 25 – 26 November 2021.

Sesi penandatanganan nota kesepahaman tersebut disaksikan oleh Nicole Yen-Yi Lee selaku Direktur Jenderal Departemen Internasional dan Lintas Selat, Kementerian Pendidikan Taiwan.

Mewakili ratusan universitas tersebut, secara simbolis penandatanganan nota kesepahaman ini diwakili oleh masing-masing 6 universitas dari Taiwan dan Indonesia.

Nantinya, penandatanganan nota kesepahaman antar universitas lainnya akan dilanjutkan dalam kesempatan lain.

Adapun enam Universitas dari pihak Taiwan diwakili oleh National Sun Yat-Sen University (NSYSU), National Dong Hwa University (NDHU), National Changhua University of Education (NCUE), Asia University (AU), National Chin-Yi University of Technology (NCUT), dan Central Taiwan University of Science and Technology (CTUST).

BACA JUGA: Forum Pendidikan Taiwan-Indonesia, Perbaiki Kualitas Mahasiswa

Sedangkan enam universitas dari Indonesia diwakili oleh Universitas Airlangga, Universitas Brawijaya, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Universitas Jember, Universitas Diponegoro dan Universitas Sam Ratulangi.

Pada kesempatan itu, Nicole Yen-Yi Lee menekankan bahwa di bawah kebijakan baru ke arah selatan oleh Pemerintah Taiwan, Kementerian Pendidikan Taiwan menawarkan banyak beasiswa dan program untuk mempromosikan penelitian kolaboratif dan relasi kerja sama pendidikan antara Taiwan dan Indonesia.

“Penandatanganan nota kesepahaman dalam forum tahun ini jelas merupakan bukti konkrit komitmen Kementerian Pendidikan Taiwan,” kata Nicole Yen dalam penutupan Forum Pendidikan Tinggi Taiwan-Indonesia ke-6, seperti dikutip RRI.co.id, Jumat (26/11/2021).

Nicole pun berharap agar semua peserta forum dapat belajar dari pengalaman masing-masing terkait tema forum yang diusung dan dapat berbagi sumber pendidikan mereka.

Berdasarkan data statistik dari Kementerian Pendidikan Taiwan, terhitung ada 6.453 siswa Indonesia yang belajar di Taiwan pada tahun 2017.

Jumlahnya meningkat dari tahun ke tahun, seperti tahun 2020 yang menjadi 13.804.

Indonesia pun telah menjadi negara asal terbesar ketiga untuk mahasiswa internasional di Taiwan. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar