Rekrutmen ASN PPPK Guru Honorer Tidak Berhenti

Mendikbudristek Nadiem Makarim Saat Puncak Peringatan HGN 2021 (Foto:RRI.co.id)

KBRN, Jakarta: Apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim kepada para guru di seluruh Indonesia dalam puncak peringatan Hari Guru Nasional tahun 2021 yang di selenggarakan di Ji Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (25/11/2021).

Dalam sambutannya, Nadiem berjanji akan tetap memperjuangkan kesejahteraan guru honorer. Ia memastikan rekrutmen PPPK untuk guru honorer tetap akan dilaksanakan pada tahun mendatang.

“Kita akan terus mendorong rekrutmen PPPK untuk memastikan semua guru honorer di seluruh Indonesia bisa ikut tes seleksi dan lolos serta mendapat formasi,” kata Nadiem.

Ia juga menjamin kebijakan yang menyangkut peningkatan kesejahteraan guru, akan terus dilakukan oleh Kementeriannya guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

“itu sudah pasti menjadi prioritas kita. Karena kalau enggak bisa menafkahi keluarga gimana mau berkualitas,” ujarnya.

Nadiem pun memastikan akan meluncurkan program yang berkaitan dengan peningkatan kualitas guru.

“Tahun depan kita akan meluncurkan berbagai macam program untuk guru,” tuturnya.

Pada kesempatan itu pula, Mendikbudristek Nadiem Makarim sempat berdialog dengan para guru penggerak serta guru honorer yang telah lulus PPPK. Sukardi, guru honorer yang lulus PPPK berpesan bagi guru honorer di seluruh Indonesia untuk tidak patah semangat dalam mengikuti tes seleksi PPPK.

“Bagi kawan-kawan yang masih belum lulus di tahap pertama. Tingkatkan terus di tahap kedua karena memang passing gradenya diturunkan. Jadi jangan putus asa, masih banyak kesempatan karena satu juta guru akan diprogramkan sama mas menteri untuk mengangkat kesejahteraan teman – teman yang honor,” kata Sukardi.

Tahun 2021 ini, menjadi tahun pertama Pemerintah membuka satu juta formasi guru ASN PPPK. Sementara itu, Hari Guru Nasional Tahun 2021 diperingati dengan mengusung tema “Bergerak dengan Hati Pulihkan Pendidikan”. Tahun ini, HGN masih menggunakan logo yang sama seperti tahun lalu, yaitu memuat simbol berbentuk hati dan ilustrasi berwarna warni menggambarkan semangat belajar yang tetap menyala di tengah kondisi pandemi saat ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00