FOKUS: #PPKM

Antar Limbah B3 dengan Kereta, Lebih Efisian

Transportasi Kereta Api dipilih PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) untuk melakukan pengiriman Limbah B3 dari Surabaya menuju kawasan Bogor.  Manager Pengadaan PT PPLI, Didik Sapto mengatakan, penggunaan kereta logistik dianggap lebih efisien karena selain cepat dan tepat waktu, dengan moda kereta api bisa lebih banyak Limbah B3 yang diangkut dalam sekali perjalanan yaitu 8 – 10 Teus. (Dok. PT PPLI)

KBRN, Jakarta: Transportasi Kereta Api di pilih PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) untuk melakukan pengiriman Limbah B3 dari Surabaya menuju kawasan Bogor. 

Manager Pengadaan PT PPLI, Didik Sapto mengatakan, penggunaan kereta logistik dianggap lebih efisien karena selain cepat dan tepat waktu, dengan moda kereta api bisa lebih banyak Limbah B3 yang diangkut dalam sekali perjalanan yaitu 8 – 10 Teus. 

"Dengan moda kereta api cenderung lebih aman karena jalurnya bersifat khusus dengan prioritas akses jalan tertinggi di antara kendaraan lainnya," kata Didik, di kantor PT PPLI, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, seperti dikutip RRI.co.id, Jumat (19/11/2021). 

Didik menjelaskan, untuk tahap awal ini pengiriman diprioritaskan dari Depo PPLI di Surabaya melalui Stasiun Kalimas Tanjung Perak menuju ke Stasiun Nambo, di Bogor. 

"Dengan alat transportasi khusus milik PPLI kita kirimkan ke Stasiun Kalimas. Dari sana kontainer atau tangki iso dipindahkan ke gerbong datar untuk didistribusikan menggunakan kereta api ke stasiun Nambo. Setelah sampai Nambo, kendaraan berizin akan melakukan penjemputan untuk dibawa ke fasilitas pengolahan limbah terpadu PPLI," jelas Didik.

BACA JUGA: Pengiriman Limbah B3, PPLI Gandeng KAI

Sama halnya dengan semua stasiun barang yang dikelola KAI Logistik, kedua stasiun tersebut juga menawarkan kemudahan distribusi logistik untuk beragam komoditi dalam jumlah besar, termasuk komoditi berpenanganan khusus, limbah B3. 

"Kita tidak ragu dengan KAI Logistik. Sebelumnya kita juga sudah kerjasama dengan KAI Logistik. Ini sinergi kelanjutan yang kita lakukan untuk pengiriman limbah B3," tandasnya.

Sedangkan Plt Direktur Utama KAI Logistik, TLN Ahmad Malik Syah menyambut baik kerjasama yang terwujud antara PPLI dan KAI Logistik. 

"KAI Logistik mengucapkan terima kasih kepada PPLI karena kami kembali dipercaya untuk pendistribusian limbah B3 melalui moda kereta api. Sebagai penyedia logistik limbah B3 yang telah mengantongi perizinan dari Kementerian Lingkungan Hidup RI dan Kementerian Perhubungan RI, kami memastikan bahwa keamanan dan keselamatan menjadi perhatian utama dari layanan yang kami tawarkan," ungkap Malik. 

Dalam memastikan keamanan dan keselamatan, lanjut Malik, KAI Logistik telah menerapkan prosedur khusus diantaranya penugasan pengawalan personil tersertifikasi di gerbong khusus yang diikutkan dalam setiap perjalanan , pemeriksaan di check points yang tersebar di Cepu, Semarang, Tegal, Cirebon dan Arjawinangun.  

"Kami juga memiliki tim tanggap darurat yang akan bertindak secara cepat pada setiap kejadian tidak terduga dan melengkapi emergency shelter dengan fasilitas  spill kit untuk penanganan limbah,” tambahnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar