Pengiriman Limbah B3, PPLI Gandeng KAI

KBRN, Jakarta: Untuk meningkatkan pelayanan dengan mempercepat proses pengiriman limbah B3 dengan tetap memastikan keamanannya selama perjalanan, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI) menggandeng Kereta Api Indonesia (KAI). 

Penandatanganan perjanjian kerjasama dilakukan di kantor PT PPLI, Klapanunggal, Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/11/2021). 

"Untuk itu hari ini PPLI menggandeng PT Kereta Api Indonesia (KAI) melalui anak usahanya PT Kereta Api Logistik (KAI Logistik) dalam pengiriman limbah B3" ujar Manager Humas PPLI, Arum Tri Pusposari kepada wartawan. 

Diketahui, Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (B3) karena sifatnya yang berpotensi membahayakan manusia dan lingkungan, bukan hanya diperlakukan secara khusus saat pengolahan saja, tapi juga dalam tata cara pengirimannya.

Arum menjelaskan, kerjasama ini merupakan  kelanjutan dari kerjasama sebelumnya. 

"Kali ini kerjasama dilakukan untuk periode lima tahun mendatang," tandas Arum. 

Melalui kerjasama ini, KAI Logistik menargetkan setidaknya mampu mengangkut 1.200 TEUS per tahun dengan jadwal keberangkatan tiga kali dalam satu minggu.

Kerentanan saat transportasi limbah B3 menjadi perhatian serius Perusahaan pengolah limbah B3, PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI). Apalagi perusahaan yang sahamnya mayoritas dikuasai DOWA Eco-System Co. Ltd. asal negeri sakura Jepang memiliki klien dari sejumlah perusahaan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sejauh ini, alat transportasi/pengangkutan limbah B3 yang ada sudah cukup aman dengan kendaraan pengangkut limbah yang telah di desain khusus, selain itu aktivitas perjalanan kendaraan-kendaraan tersebut dalam pengawasan ketat oleh pusat kontrol PPLI. Kendaraan-kendaraan pengangkut limbah B3 tidak bisa berhenti sembarangan, akan ketahuan langsung dari pusat kontrol.

Penandatanganan MoU kali ini dilakukan oleh PPLI yang diwakili Presiden Direktur Yoshiaki Chida dan Plt. Direktur Utama, TLN Ahmad Malik Syah mewakili KAI Logistik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar