Mengatasi Permasalahan Sampah Perkotaan

Petugas mengumpulkan sampah dari berbagai daerah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Randukuning Kabupaten Batang, Jawa Tengah (ANTARA FOTO/Harviyan Perdana Putra)

KBRN, Palangka Raya: Persoalan sampah perkotaan sampai saat ini masih menjadi permasalahan.

Untuk itu, sudah selayaknya peran semua pihak untuk terlibat menangani masalah sampah ini.

Seperti pemerintah, masyarakat, dunia usaha dan pakar lingkungan, untuk bersama melahirkan ide-ide yang dapat diterapkan guna menyelesaikan persoalan sampah di perkotaan.

Menanggapi masalah sampah di perkotaan, anggota DPRD Kota Palangka Raya, Hasan Busyairi, menjelaskan, edukasi dan sosialisasi terkait menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk perduli lingkungan dan membuang sampah dengan benar pada tempatnya sampai saat ini masih perlu dilakukan.

Karena tanpa hal tersebut, sampah akan terus dibuang sembarangan tanpa ada rasa penyesalan melihat lingkungan kotor akibat tumpukan sampah tersebut.

"Persoalan sampah memang perlu sosialisasi dan edukasi lebih masif, karena masih banyak masyarakat membuang sampah sembarangan," kata Hasan Busyairi di Palangka Raya, seperti dikutip RRI.co.id, Minggu (24/10/2021).

Sementara itu, pengamat lingkungan dan juga dosen Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Muhammad Azhari, mengutarakan, tidak hanya edukasi yang harus diberikan kepada masyarakat terkait penanganan sampah.

Namun harus ada pula pendampingan secara terus menerus baik dari pemerintah atau pemerhati lingkungan sehingga masalah sampah ini tidak menjadi permasalahan jangka panjang.

"Pemerintah, Dinas maupun Instansi terkait, harus lebih cermat mempelajari kebiasaan masyarakat sekitar sehingga secara perlahan kesadaran akan dampak buruk sampah bagi lingkungan dapat lebih dipahami masyarakat,” jelas Azhari.

Perlu mencari solusi pula, bagaimana memberikan perubahan paradigma bagi masyarakat, bagaimana mengelola sampah sekaligus memilahnya dengan baik. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00