Para Santri Menyatu dengan Alam, Luar Biasa

Para santri bersama ustaz dan ustazah Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Muta’alimin melakukan penanaman pohon cemara di Desa Wisata (Deswita) Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, yang telah diperingati sejak tahun 2015 lalu. (Heri Kisyanto/RRI)

KBRN, Batang: Para santri bersama ustaz dan ustazah Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Muta’alimin melakukan penanaman pohon cemara di Desa Wisata (Deswita) Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional, yang telah diperingati sejak tahun 2015 lalu.

“Para santri kami kenalkan dengan alam langsung, salah satunya menanam 25 bibit pohon cemara,” terang Pemimpin Ponpes Roudlotul Muta’alimin, KH. M. Saefuddin Zuhri, di Deswita Pandansari, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (23/10/2021).

Semula pihak pondok mempersiapkan beberapa bibit tanaman buah-buahan, untuk menciptakan lingkungan di sekitar Deswita Pandansari agar lebih teduh.

Namun pihak pengelola menghendaki untuk ditanami bibit pohon cemara.

“Sebetulnya kami sudah mengikhtiarkan bibit pohon durian atau kelengkeng, tapi pengelola mengharapkan cemara. Semoga setelah penanaman dampaknya akan menguatkan kontur tanah san lingkungan Deswita Pandansari makin teduh,” ungkapnya.

Para santri bersama ustaz dan ustazah Pondok Pesantren (Ponpes) Roudlotul Muta’alimin (Heri Kisyanto/RRI)

Dalam waktu dekat, Ponpes Roudlotul Muta’alimin akan bekerja sama dengan Dinas Pangan dan Pertanian (Disparpeta) Kabupaten Batang untuk melakukan penanaman bibit pohon kelengkeng dan durian.

“Rencananya sebanyak 40 bibit akan ditanam di pondok dan masyarakat sekitar. Insyaallah nilai kemanfaatannya bisa dirasakan warga pondok dan masyarakat, sehingga Dispaperta kedepan bisa melihat ada nilai ekonomis yang didapat,” ungkapnya.

Salah satu santri, M. Bagus Habibi mengutarakan, peringatan Hari Santri dapat meningkatkan semangat dalam mencari ilmu.

“Mencari ilmu harus sampai ke negeri China, artinya suatu ilmu tidak hanya didapat dari satu guru saja. Termasuk dengan mentadabburi alam yang bisa dipetik pelajaran, sehingga bisa menambah pengalaman,” ucapnya.

Menurutnya, dengan melakukan penanaman bibit pohon cemara, menjadi bukti kecintaan para santri kepada ciptaan Tuhan.

“Manfaatnya bagi manusia pasti bisa menciptakan penghijauan dan menambah oksigen bagi kehidupan manusia,” tandasnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00