76.617 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah 2021

Ist

KBRN, Jakarta: Kementerian Agama melalui Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, terus mendorong siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat berkreasi dan mencintai sains. 

Direktur KSKK Madrasah, Moh. Isom mengatakan salah satu upaya untuk meningkatkan bakat dan minat siswa madrasah dalam bidang sains dengan menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM).

KSM tahun ini telah menarik perhatian para peserta, yakni sebanyak 76.617 siswa. Total ada 76.617 siswa yang ikut ambil bagian dalam ajang ini, terdiri atas 24.634 siswa MI, 26.717 siswa MTs, dan 22.816 siswa MA.

“Antusias siswa Madrasah tahun ini dalam mengikuti KSM sangat bagus, dibuktikan dengan jumlah lebih dari tujuh puluh ribu siswa yang mendaftar kompetisi ini,” ujar Isom di Jakarta, seperti dikutip RRI.co.id, Sabtu (23/10/2021).

Isom menerangkan, KSM merupakan sebuah kegiatan yang digelar dan diadakan oleh Kementerian Agama sebagai wahana membangun gairah kompetisi sains di kalangan siswa madrasah. 

“Sejak awal digelar (tahun 2012), KSM telah menjadi ajang yang positif dalam membangun kompetisi dan mulai tahun 2018 KSM berupaya mengolaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam,” terangnya.

KSM Nasional diikuti oleh 1 orang siswa terbaik tiap provinsi per bidang studi dengan seleksi yang dilaksanakan secara nasional serentak menggunakan sistem yang disiapkan dan di bawah kendali Komite KSM Nasional berbasis elektronik, eksplorasi dan eksperimen.

Penilaian soal KSM dilaksanakan oleh Tim Juri yang ditetapkan oleh Komite KSM Nasional dengan mempertimbangkan nilai tes dan nilai integritas peserta selama mengikuti tes. Hasil KSM Nasional dipublikasikan di Portal Resmi KSM dan Portal Resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00