Ular Sanca Kembang Dievakuasi dari Rumah Warga

Ilustrasi / Ular Sanca (Dok. lipi.go.id)

KBRN, Jakarta: Petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Selatan (Jaksel) mengevakuasi Ular Sanca Kembang sepanjang tiga meter di area rumah warga, Jalan Permata Hijau 2, Blok P8 RT 10/ RW 12, Kelurahan Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Kepala Seksi Operasi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan, Sugeng, mengatakan, sekitar habis subuh warga yang rumahnya kemasukan ular menelepon damkar Lebak Bulus untuk meminta penyelamatan karena ular tersebut masuk ke saluran air di rumahnya. 

"Sekitar jam lima (subuh), bapak itu langsung telepon pemadam kebakaran Lebak Bulus. Akhirnya kami panggil pos damkar Cipulir untuk segera meluncur," kata Sugeng di Jakarta, saat dihubungi RRI.co.id, Sabtu (16/10/2021). 

Dengan tiga personel, misi rescue Ular Sanca yang berada di saluran air berjalan lancar.

Setelah dievakuasi, lanjut dia, ular tersebut dijemput oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

"Biasanya kita koordinasi sama ragunan. Tapi karena di sana sudah penuh, jadi kami minta BKSDA untuk segera dibawa," ujarnya 

Sugeng juga mengapresiasi sikap masyarakat yang sigap menghubungi pihak damkar dalam tindakan penyelamatan.

Beberapa waktu terakhir, kata dia, memang banyak yang menghubungi pihak damkar untuk meminta tindakan pertolongan atau penyelamatan. 

"Iya biasanya kunci mobil atau handphone masuk gorong-gorong kami selamatkan. Kalau binatang biasanya seperi biawak, ular, bahkan kemarin sempat monyet peliharaan lepas," ucapnya. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00