Anugerah Jurnalistik Adinegoro Kembali Digelar, Catat Persyaratannya

Ilustrasi sebuah kegiatan reportase (Dok. kba.one)

KBRN, Jakarta: Anugerah Jurnalistik Adinegoro yang merupakan penghargaan tertinggi bagi kalangan jurnalis atau wartawan kembali digelar.

Penasehat dari Tim Anugerah Adinegoro Maria Andriana mengatakan bahwa para jurnalis/wartawan yang mengikuti penghargaan ini diharapkan mampu membuat karya yang membangkitkan semangat dan harapan bagi masyarakat Indonesia.  

"Para wartawan ini diharapkan mengangkat karya-karya bagaimana bahwa kita (masyarakat) masih punya harapan, bagaimana mendorong masyarakat untuk tidak kalah oleh pandemi Covid-19 dan bisa mempengaruhi orang lain pula untuk bangkit," kata Maria dalam wawancaranya bersama RRI.co.id di Jakarta, Sabtu (16/10/2021). 

Lebih jauh, Maria menyebutkan enam kategori yang akan dinilai oleh tim juri dalam Anugerah Jurnalistik Adinegoro.

1. In-depth reporting untuk media cetak (AA1)

2. In-depth reporting untuk media siber (AA2)

3. In-depth reporting untuk media televisi (AA3)

4. In-depth reporting untuk media radio (AA4)

5. Foto berita untuk media cetak dan media siber (AA5)

6. Karikatur opini untuk media cetak dan media siber (AA6).

Anugerah Adinegoro akan diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang sudah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan sekitar tanggal 1 Desember 2020 – 30 November 2021.

Tema yang akan diangkat tahun ini adalah "Semangat dan Harapan". 

Berikut adalah persyaratan yang perlu disiapkan oleh para peserta:

1. Setiap Wartawan Indonesia, bebas mengirim karya jurnalistik terbaiknya.

2. Semua peserta Anugerah Jurnalistik Adinegoro wajib mendaftar melalui formulir pendaftaran di google form ini : https://s.id/DAFTAR_ADINEGORO.

3. Setiap peserta wajib menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan/pers) dan surat pengantar dari redaksi.

4. Peserta wajib mengunggah (Upload) karya masing-masing melalui formulir pendaftaran.

5. Seluruh karya wajib disertai sinopsis/cerita singkat (2-3 paragraf) mengenai isi dan proses pembuatannya. Khusus untuk karya televisi dan radio disebutkan pula clock program bersama sinopsis, sedangkan karya foto dan karikatur di media cetak dan media siber, wajib disertai caption.

6. Khusus untuk media televisi, karya hanya dalam format minimal 720p (HD) dan ukuran file dibatasi maksimal 1GB (jika ukuran lebih dari 1GB, mohon diupload ke layanan cloud sharing atau youtube dan sertakan tautannya (link url) dalam form pendaftaran).

7. Bagi seluruh peserta sudah bisa mengirimkan karyanya mulai 11 September 2021 hingga batas akhir pada 30 November 2021.

8. Para peserta akan dinilai berdasarkan karya-karya yang sudah dipublikasikan, ditayangkan, atau disiarkan pada media cetak, siber, televisi, atau radio periode 1 Desember 2020 hingga 30 November 2021.

9. Karya berupa in-depth reporting atau liputan berkedalaman, baik media cetak, media siber, media televisi maupun radio. Karya tidak bersambung/tidak berseri.

Penjurian:

Penjurian pada bulan Desember 2021 – hingga pekan kedua Januari 2021.

Dewan juri Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 ini terdiri dari tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai bidang jurnalistik sesui kriteria penilaian dan bekerja secara profesional.

Pemenang:

Penghargaan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2021 akan diserahkan di acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2022 disaksikan Presiden RI.

Pemenang tiap kategori akan mendapat Hadiah Rp25 Juta, trofi Anugerah Adinegoro 2021, serta piagam penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat/Panitia HPN 2022. (Miechell Octovy Koagouw)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00