[Cek Fakta] Obati Mata Pakai Jeruk Nipis

[Cek Fakta] Obati Mata Pakai Jeruk Nipis (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah video yang memperlihatkan seseorang sedang meneteskan jeruk nipis ke matanya. 

Video yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Sri Mulatsih” tersebut bahkan mengklaim bahwa tetesan jeruk nipis dapat mengobati mata dari minus atau rabun jauh.

Namun berdasarkan hasil penelusuran, narasi dalam video tersebut menyatakan tidak ada bukti ilmiah bahwa jeruk nipis dapat mengobati mata. 

Jeruk nipis memang mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan bagi mata, namun manfaat tersebut hanya akan didapatkan jika air perasan jeruk nipis dikonsumsi, bukan diteteskan ke mata.

Lebih lanjut, melansir dari Kompas.com, Ketua Kelompok Staf Medis Vitreoretina Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, dr.Grimaldi Ihsan,SpM(K) menjelaskan bahwa jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan mata. Meneteskan jeruk nipis ke mata juga berpotensi menimbulkan infeksi jika jeruk nipis yang digunakan tidak bersih.

Maka dapat disimpulkan jika video yang berisikan narasi yang diunggah oleh akun Facebook dengan nama pengguna “Sri Mulatsih” dalam forum “SAHABAT SIDOARJO” tersebut dapat dikategorikan sebagai Konten yang Menyesatkan/Misleading Content.

Faktanya, jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat menyebabkan iritasi dan kerusakan pada lapisan mata.

Referensi:

https://s.id/HHfvVhttps://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3210616/benarkah-tetes-jeruk-nipis-ampuh-atasi-mata-minushttps://turnbackhoax.id/2021/10/14/salah-tetesan-jeruk-nipis-dapat-mengobati-mata/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00