[Cek Fakta] Susu-Pisang Berbahaya Setelah Makan Kepiting

[Cek Fakta] Susu-Pisang Berbahaya Setelah Makan Kepiting (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi disertai gambar seorang anak kecil yang diduga meninggal dunia setelah mengonsumsi pisang dan susu usai memakan kepiting. 

Bahkan, akun facebook bernama La Ode Miran tersebut juga meminta agar informasi itu disebarkan.

Namun, saat dilakukan penelusuran, Pakar Gizi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dr. Inge Permadi MS, SpGK membantah klaim tersebut.

¡°Itu bohongan banget. Kalau keselek pisang mungkin bisa menyebabkan kematian,¡± kata dr. Inge saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (10/10/2021).

Menurut dia, baik susu maupun pisang, keduanya mengandung gizi besar. Prinsipnya, jelas dr. Inge, apa pun makanannya jika tidak beracun, tentu tidak akan menyebabkan kematian.

¡°Kalau misalnya menimbulkan penyakit hiperkolesterol sih bisa. Kalau tidak menimbulkan toxin, kenapa menyebabkan kematian,¡± jelas dia.

Sementara itu, foto bocah yang diklaim meninggal karena mengonsumsi pisang dan susu setelah memakan kepiting adalah salah. Berdasarkan pencarian menggunakan yandex, ditemukan beberapa artikel terkait bocah tersebut, salah satunya adalah solopos.com.

Bocah tersebut bernama Shaka yang menderita Sleeping Beauty Syndrome dan tertidur sejak usianya 8 bulan. Balita yang sempat viral pada pertengahan 2020 tersebut dinyatakan meninggal dunia pada 8 Oktober 2020, setelah tertidur selama satu tahun.

Maka dapat disimpulkan jika informasi mengenai konsumsi susu dan pisang usai makan kepiting berbahaya adalah hoaks atau tidak benar.

Faktanya, foto balita yang ditambahkan dalam unggahan tersebut tidak ada hubungannya dengan narasi. Bayi tersebut bernama Shaka bocah yang terkena sindrom putri tidur sejak usia 8 bulan.

Referensi

https://turnbackhoax.id/2021/10/11/salah-bahaya-mengonsumsi-susu-dan-pisang-usai-makan-kepiting/

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00