[Cek Fakta] Internet Indonesia di Hack

[Cek Fakta] Internet Indonesia Di Hack (foto: istimewa)

KBRN, Jakarta: Beredar sebuah informasi yang menyebutkan bahwa masalah jaringan, hingga hilangnya sinyal internet di Indonesia disebabkan karena operator layanan telekomunikasi di Indonesia telah di-hack.

Informasi tersebut pertama kali tersebar melalui salah satu akun Tiktok pada 19 Sepetember 2021 lalu. 

Namun, setelah ditelusuri masalah jaringan/sinyal internet Indonesia yang hampir secara bersamaan terjadi, diketahui bahwa hal ini disebabkan oleh jaringan kabel fiber optic Jakarta-Singapura yang putus. 

Melansir dari Cekfata.com, Ketua Umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Jamalul Izza mengatakan sistem kabel yang terdampak adalah sistem Jakarta-Bangka-Bintan-Singapura (B2JS) milik PT Ketrosden Triasmitra.

Karena putusnya jaringan fiber optik ini, hampir semua traffic internasional mengalami gangguan. Dampaknya juga cukup luas karena sebagian besar penyelenggara telekomunikasi menggunakan sistem kabel ini. Namun Jamalul menyatakan bahwa masing-masing penyedia layanan sudah mulai melakukan reroute ke rute kabel lain sebagai alternatif penyelesaian masalah.

Masalah gangguan sinyal Telkomsel dan Indihome pun diketahui terjadi akibat adanya masalah teknis. SVP Corporate Communication & Investor Relation Telkom Ahmad Reza mengungkapkan gangguan yang terjadi pada Indihome dan Telkomsel terjadi akibat adanya problem sistem komunikasi kabel laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan ruas Batam Pontianak sekitar pukul 17.33 WIB.

Maka dapat disimpulkan bahwa gangguan jaringan/sinyal yang terjadi di hampir seluruh Indonesia dikarenakan adanya aktivitas hacking adalah informasi hoaks kategori misleading content atau konten menyesatkan.

Faktanya gangguan jaringan/sinyal yang terjadi bukan karena adanya aktivitas hacking, melainkan terjadi masalah teknis pada sistem komunikasi kabel.

Referensi:

https://cekfakta.com/focus/7592https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210219162327-37-224709/internet-kamu-terganggu-ini-lho-biang-keroknyahttps://amp.kompas.com/money/read/2021/09/20/054558026/telkomsel-dan-indihome-gangguan-hampir-merata-di-seluruh-indonesia

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00