Peringatan Hantaru 2021: Simak Agenda Pelaksanaannya

KBRN, Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan menyelenggarakan peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang (Hantaru) Nasional Tahun 2021. Adapun tema yang diangkat, yakni “Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional melalui Pelayanan Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional”. 

Dirjen Pengendalian dan Penertiban Tanah dan Ruang Kementerian ATR/BPN sekaligus penanggung jawab panitia pelaksana peringatan Hantaru Nasional 2021, Budi Situmorang menjelaskan bahwa kegiatan ini akan digelar secara online maupun, offline. 

“Acara kita merepons beberapa bisa offline beberapa juga bisa online. Jadi secara umum kegiatan akan kita lakukan di masing-masing lokasi kita,” ujar Budi dalam jumpa pers virtual, Kamis (23/9/2021).

Hadir pula Dirjen Pengadaan Tanah  dan Pengembangan Pertanahan Embun Sari, Ketua Panitia pelaksana peringatan Hantaru Nasional Tahun 2021 Shafik Ananta Inuman, serta Karo Humas Kementerian ATR/BPN Yulia Jaya Nirmawati.

Rangkaian kegiatan peringatan Hantaru Nasional 2021 sudah diawali dengan menyampaikan sertifikat dan redistribusi lahan yang merupakan bagian dari program reforma agraria yang dilaksanakan di Kantor Presiden Jakarta. 

Untuk acara pembukaan baru akan dimulai Jumat (14/9/2021) siang. Menteri ATR/Kepala BPN Softan Djalil akan memimpin jalannya ucacara peringatan Hantaru Nasional 2021 yang diikuti oleh seluruh kepala Kantor Wilayah Kementerian ATR/BPN, Kepala Pertanahan di seluruh Indonesia, serta para kepala daerah. 

“Dalam pelaksanaanya tidak bisa sendiri, kita akan mengajak kepala daerah dalam rangka sinergi ke depan khususnya dalam penerapkan UU Ciptaker dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi,” terang Budi. 

Peringatan Hantaru 2021 dilakukan secara berkesinambungan dimulai tanggal 24 September hingga 8 November 2021. Sebagian besar peserta akan hadir melalui online, dan hanya ada beberapa orang yang hadir secara fisik sebagai representasi. 

Usai upacara pembukaan, rangkaian kegiatan akan dilanjutkan dengan launching beberapa layanan digital oleh Menteri ATR/ Kepala BPN Sofyan Djalil. Di antaranya launching aplikasi Loketku, layanan infarmasi publik, dan sertifikat elektonik khusus untuk barang-barang milik negara.

“Kemudian ada juga kegiatan olahraga di antaranya lari, sepada dilakukan secara virtual. Nanti diberikan penghargaan. Demikian juga dengan kesenian dan budaya yang dilakukan secara daring mengingat kondisi pandemi yang belum berakhir,” ujar Shafik Ananta Inuman.

Pihak panitia telah meluncurkan logo peringatan Hantaru Nasional 2021 yang memperlihatkan transformasi digital yang sedang dijalankan Kementerian ATR/BPN dalam rangka melaksanakan pelayanan kepada masyarakat secara profesional dan terpercaya.

“Kita ingin nilai ini ditransformasikan melalui kegiatan-kegiatan di dalam praktik sehari-hari di Kementerian ATR/BPN,” pungkasnya.

Adapun puncak peringatan Hantaru akan digelar di kawasan Puncak Bogor pada 8 November 2021, yang akan dibarengi dengan aksi penanaman pohon. Kegiatan ini bekerja sama dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta kalangan pengusaha dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00